Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Peran Pemuda di Kudus Dipertanyakan



Reporter:    /  @ 20:00:02  /  10 April 2017

    Print       Email

Pemuda saat melakukan salah satu kegiatan di Kudus. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus menuturkan peran pemuda dalam proses pembangunan masyarakat dinilai masih rendah. Seharusnya, pemuda mampu berkontribusi lebih banyak terhadap upaya percepatan pembangunan di daerahny.

Kepala Seksi (Kasie) Sumberdaya Pemuda Disdikpora Kabupaten Kudus, Wagiman Sutrisno, saat ditemui MuriaNewsCom di kantornya Senin (10/4/2017) mengatakan, ada empat poin yang masih menjadi kendala dalam pembinaan pemuda di lingkungan Kabupaten Kudus.

Pertama, berkaitan dengan kemauan. Menurutnya, kesadaran dan ketertarikan pemuda dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dinilai masih lambat. Pemuda masih merasa dirinya belum waktunya untuk terjun ke masyarakat.

Mereka merasa masih bebas dengan kegiatan nongkrong, memancing sepanjang hari, dan mengisi waktu dengan hal-hal kurang bermanfaat. Hal itu, kata dia, perlu adanya pendampingan intensif dan sosialisasi yang maksimal sebagai solusi.

Kedua, kurangnya integritas dan karakter. Sedari dini, perlu diterapkan nilai-nilai juang dan kejujuran dalam diri pemuda. Sehingga, dalam perjalanan ke arah dewasa mampu menghadapi permasalahan masyarakat dan memberikan solusi.

Ketiga, berkaitan pengaruh orang tua. Kecenderungan arahan orang tua kepada anaknya hanya terbatas pada hal-hal akademis. Mereka belum diberi kesempatan untuk belajar berorganisasi dan belajar bersama masyarakat. Orang tua lebih suka menuntut anak untuk pergi les atau menambah jam pelajaran di sekolah.

Keempat, mengenai penguatan organisasi. Perlu adanya wadah bagi pemuda untuk berkarya, berkreasi, dan mengadakan kegiatan positif di lingkungannya.

”Pemuda harus berintegritas, kreatif, dan memiliki daya inovatif mumpuni sehingga mampu dipercaya masyarakat dan menggerakkan masyarakat,” pesan Wagiman.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →