Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Disdikpora Kudus Adakan Seleksi Awal Pertukaran Pelajar Antar Negara



Reporter:    /  @ 18:00:37  /  10 April 2017

    Print       Email

Petugas dari Disdikpora Kudus mengadakan seleksi Awal Pertukaran Pelajar Antar Negara, Senin. (MuriaNewsCom/Aditya CS)

MuriaNewsCom, Kudus –  Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus mengadakan seleksi awal program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Gedung Dekopinda, Kudus, Senin (10/4/2017).

PPAN merupakan salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk mencetak pemuda tangguh berdaya saing global untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia ke luar negeri. Mereka ditugaskan pula untuk belajar mengenai kebudayaan negara tujuan mitra PPAN.

PPAN Jawa Tengah mengalokasikan sebanyak empat pemuda yang masing-masing akan ditugaskan ke India, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Nantinya, peserta terpilih akan belajar mengenai kebudayaan, kepemudaan, kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai negara masing-masing. Diharapkan pula selanjutnya, mereka mampu menularkan ilmu yang diperoleh untuk pengembangan pemuda dan masyarakat di daerah asal peserta.

”Intinya, kami mencari pemuda yang memiliki integritas, berwawasan kebangsaan, dan memegang nasionalisme yang kuat. Program ini salah satu jawabannya,’’ terang Wagiman Sutrisno, selaku Kepala Seksi (Kasie) Sumberdaya Pemuda Disdikpora Kabupaten Kudus saat ditemui MuriaNewsCom di kantornya pada Senin (10/4/2017).

Tidak hanya itu, peserta terpilih dituntut memiliki beragam talenta yang harus dibuktikan melalui seleksi ketat pada tingkat kabupaten hari ini. Selanjutnya, peserta yang lolos akan melanjutkan seleksi kembali ke tingkat provinsi pada Kamis (13/4/2017) dan Jumat (14/4/2017) di Disporapar Jawa Tengah, Kota Semarang.

”Calon pemuda yang terpilih harus memenuhi kualifikasi, di antaranya mampu menampilkan ketrampilan seni daerah, mampu berbahasa Inggris dengan lancar, berintegritas, dan memiliki wawasan kebangsaan yang luas,” ujarnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →