Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Gubuk Mbah Pondeng Bakal Direnovasi



Reporter:    /  @ 17:00:19  /  10 April 2017

    Print       Email

Mbah Pondeng saat berada di gubuk reot berukuran 4×3 meter. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sosok Mbah Pondeng tak asing bagi warga Dukuh Duren, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang-Jepara. Pemerintah desa setempat mengakui, nenek renta itu adalah satu dari sekian banyak lansia yang miskin. 

“Ya kalau kami menilai Mbah Pondeng tidak bisa diajak berbicara dengan benar, hal itu karena pembicaraannya sering melantur,” ujar Kunjarto, Ketua RT 04, desa setempat. 

Menurutnya, pemerintah desa telah memberikan bantuan pada Mbah Pondeng. Namun demikian, pihaknya mewujudkannya dalam bentuk lain. 

“Kalau diberi bantuan sering tidak digunakan semestinya. Ya mungkin karena pikirannya sudah tua, kurang genep. Sudah diberi beras kadang minta lagi. Diberikan kepada anaknya, mereka juga orang tak mampu. Terkadang malah tidak sampai,” tambahnnya.

Menyiasati hal tersebut, pihaknya lantas memberikan bantuan berupa uang kepada seorang pemilik toko. Jika Mbah Pondeng sedang menginginkan sesuatu, ia tinggal memintanya kepada pemilik toko. 

Baca juga : Takut Dibentak Anak Cucu, Nenek Renta Warga Jepara Ini Pilih Hidup Sebatangkara di Gubuk Reot

 

Terkait gubuk Mbah Pondeng yang reot, Kunjarto mengakui ada kelambanan pemerintah desa dalam menyikapinya. Tidak hanya sosok nenek tersebut, diakuinya masih banyak warga yang hidup dalam rumah tak layak huni (RTLH). 

Dengan adanya pemberitaan di media sosial, pihaknya mengaku telah diundang kepala desa, agar segera merencanakan renovasi gubuk reot itu. 

“Ya kami juga ikut tersentil dengan kabar tersebut, maka kemarin sudah dirapatkan dengan Pak Kepala Desa, agar secepatnya merenovasi gubuk Mbah Pondeng. Mengingat ini juga masih hujan. Kalau masalah lahan ya tidak apa-apa kita sudah izin pemiliknya,” ucapnya, menirukan Kades.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →