Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ratusan Umat Katolik di Pati Rayakan Minggu Palma Jelang Paskah



Reporter:    /  @ 13:00:29  /  10 April 2017

    Print       Email

Umat Katolik di Pati merayakan Minggu Palma dengan membawa daun palem, menjelang Paskah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya 700 umat Katolik di Pati merayakan Minggu Palma, Minggu (10/4/2017). Mereka membawa daun palem yang diarak dari SD Kanisius menuju Gereja Santo Yusuf Pati.

Ketua Panitia, YB Basuki menuturkan, Minggu Palma menjadi tradisi umat Katolik yang saat itu mengelu-elukan Yesus di Yerusalem menggunakan daun palem. Peringatan ini dilakukan menjelang paskah pada Sabtu (15/4/2017) mendatang.

“Budaya di sana waktu itu, kalau menyambut raja melambai-lambaikan dengan sesuatu. Karena dekat dengan pohon palem, umat mengambil daun palem saat menyambut Yesus di Yerusalem hingga menjadi tradisi bagi umat Katolik setiap tahunnya,” ujar Basuki.

Setelah melakukan arak-arakan menggunakan daun palem, mereka melanjutkan dengan kegiatan Misa di Gereja Santo Yusuf Pati. “Ini merupakan pekan suci sebelum Paskah untuk menyambut kehadiran Sang Raja Yesus,” tutur Basuki.

Terkait persiapan paskah, umat Katolik akan mengadakan kerja bakti pada Rabu (12/4/2017). Hari berikutnya, Kamis (13/4/2017), Kamis Putih dimulai pukul 17.00 WIB dan 21.00 WIB.

Adapun Jumat Agung untuk memperingati wafatnya Yesus, kebaktian pertama dimulai pukul 14.00 WIB, kedua pukul 17.00 WIB. Sementara Sabtu Paskah dilakukan pada jam 17.00 WIB dan 20.00 WIB, dilanjutkan Minggu Paskah dimulai pukul 08.00 WIB.

Dia berharap, rangkaian kegiatan untuk memperingati paskah di Pati bisa berjalan dengan aman dan lancar. “Kami berharap umat Katolik bisa menjalankan perayaan Hari Kebangkitan dengan khidmat agar bisa menjadi umat yang dekat dengan Tuhan,” harap Basuki.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Lengkapi Berkas, Nasib 2 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tunggu Keputuasan KPU Pusat

Selengkapnya →