MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siswa SMK Cendekia Lasem Ciptakan Alarm Motor Anti Maling Berbasis Android

266
Siswa SMK Cendekia Lasem melaunching alarm anti maling berbasis android (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor di hampir semua wilayah di Indonesia, membuat sebagian besar masyarakat khawatir. Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor  yang terjadi, membuat Ilham Khafidzin, siswa kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Cendekia Lasem berkreasi dengan menciptakan sebuah alat yang sederhana namun efektif untuk mengurangi kasus pencurian di masyarakat.

Dalam hal ini, Ilham membuat alarm anti maling berbasis android. Karyanya ini sudah dipamerkan dan diperkenalkan kemarin, (8/4/2017). Hasil karyanya mampu menarik perhatian masyarakat yang hadir.

“Alarm ini sistem kerjanya yakni menggunakan android. Nah, dalam alarm itu, kita menggunakan alat indikator yang dipasang di bawah jok sepeda motor atau mobil. Alat indikator itu, nantinya akan menghidupkan alarm itu di saat kendaraan dimaling,” ujar Ilham.

Menurutnya, alat indikator yang dapat membunyikan alarm tersebut dapat dimatikan dengan android yang sudah diprogram dalam diaplikasi “Ape Moarfid”. Alat ini juga dilengkapi chip. “Kalau mau matikan alarm, tinggal klik tombol bergambar gembok yang ada di android,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, jika android dalam kondisi signal lemot, maka jalan lainnya yakni menggunakan kartu atau chip untuk mematikan alarm itu, sebagai pengganti android. Chip tersebut digesekkan di salah satu badan motor atau mobil yang berdekatan dengan tempat pemasangan alat indikator alarm itu.

Dalam hal ini, katanya, dirinya juga masih terus menyempurnakan alat tersebut, sehingga, nantinya benar-benar bisa digunakan secara massal dan tingkat error juga bisa diminimalkan.

Editor : Kholistiono

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.