Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Yang Perlu Kamu Tahu, Gelar RA untuk Kartini Kini Kepanjangannya Bukan Lagi Radeng Ajeng



Reporter:    /  @ 14:00:12  /  8 April 2017

    Print       Email

Foto Raden Ayu Kartini yang terpasang di Musem Kartini Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Singkatan gelar RA untuk Kartini, yang semula memiliki kepanjangan Raden Ajeng, kini telah diubah menjadi Raden Ayu. Terkait hal ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Rembang gencar untuk melakukan sosialisasi terkait perubahan tersebut.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang, Winaryu Kustiyah mengatakan, perubahan tersebut tidak lepas dari kajian atau penelitian mendalam dari pakar sejarah. Katanya, gelar Raden Ajeng pada masanya disematkan hanya untuk wanita yang belum menikah.

“Sedangkan bagi perempuan atau wanita yang sudah menikah, maka langsung berubah menjadi Raden Ayu. Sementara itu, Kartini telah menikah dengan Bupati Rembang Raden Mas Djojo Adiningrat. Maka sebutan Raden Ajeng dianggap tidak relevan lagi,” katanya.

Selain itu, pihak Dinbudpar juga sudah menggelar rapat dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) telah disepakati bahwa kepanjangan itu sudah diubah. Yakni menjadi Raden Ayu.

Sementara itu, pihaknya juga mengimbau kepada pihak terkait, baik mulai dari kalangan pelajar, instansi, sekolah atau yang lainnya bisa ikut mensosialisasikannya.

“Selama ini, warga memang sudah terbiasa dengan sebutan nama Raden Ajeng Kartini atau disingkat dengan RA. Namun untuk saat ini mulailah menggunakan nama Raden Ayu Kartini, sekaligus untuk membiasakan. Terlebih lagi, sebutan itu jangan disingkat lagi dengan singkatan RA. Akan tetapi langsung disebutkan saja Raden Ayu, baik di acara seremonial, acara pemerintahan dan lainnya,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →