Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pati Diminta Tak Ditunda



Reporter:    /  @ 23:00:45  /  7 April 2017

    Print       Email

Paslon terpilih, Haryanto dan Saiful Arifin menerima surat keputusan penetapan Bupati dan Wakil Bupati Pati di Aula KPU Pati, Jumat (7/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Haryanto dan Saiful Arifin akhirnya resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pati terpilih, setelah ditetapkan KPU Pati melalui surat keputusan Nomor 20/Kpts/KPU.Kab.012.329311/2017, Jumat (7/4/2017).

Keduanya ditetapkan, setelah berhasil meraih 74,51 persen suara pada Pilkada Pati dengan calon tunggal pada 15 Februari 2017 lalu. Penetapan dari jadwal semula sempat tertunda, karena ada gugatan dari masyarakat ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil Pilkada.

“Sesuai PKPU Nomor 11 Tahun 2015, penetapan dilakukan paling lambat tiga hari setelah ada amar putusan dari MK. Saat ini, tugas kami sudah selesai. Selanjutnya, untuk pelantikan diserahkan ke Gubernur dan Mendagri,” ujar Ketua KPU Pati Much Nasich.

Wakil Ketua III DPRD Pati Joni Kurnianto yang hadir dalam penetapan tersebut mengatakan, pihak legislatif akan segera melakukan rapat terkait dengan penetapan Bupati dan Wakil Bupati Pati terpilih pada Sabtu (8/4/2017) besok. Dia berharap, pelantikan paslon terpilih sesuai dengan aturan dan tidak ditunda.

“Besok, kami akan menggelar rapat. Setelah itu, paling lambat Senin, berkas akan dikirim ke Gubernur Jawa Tengah dan Selasa, dikirim ke Mendagri. Sebagai pimpinan DPRD, kami meminta agar pelantikan bisa sesuai aturan, jangan diundur-undur,” kata Joni.

Sementara itu, Haryanto mengaku sudah lega setelah mengikuti proses panjang dalam tahapan Pilkada Pati. Kendati diwarnai berbagai persoalan, tetapi dia sudah lega karena sudah mencapai titik akhir setelah putusan dari MK.

“Penetapan sempat tertunda selama 24 hari, karena ada gugatan ke MK. Keputusan MK menunjukkan bahwa Pilkada Pati berjalan sesuai aturan, tidak ada kecurangan atau manipulasi seperti yang dituduhkan. Saat ini, kami mulai fokus untuk membangun Pati menjadi lebih baik,” ucap Haryanto.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →