Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Diterjang Banjir Bandang, Puluhan Perahu di Sungai Alasdowo Pati Terbalik



Reporter:    /  @ 16:48:50  /  7 April 2017

    Print       Email

Sejumlah nelayan mencoba mengevakuasi perahu yang karam di Sungai Alasdowo, Jumat (7/4/2017), akibat diterjang banjir bandang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya 70 perahu yang bersandar di sungai Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati, terbalik akibat diterjang banjir bandang, Kamis (7/4/2017) dini hari.

Dari informasi yang dihimpun, hujan yang terjadi selama beberapa jam membuat Sungai Alasdowo diterjang banjir bandang. Akibatnya, beberapa perahu jenis wawu tersebut mengalami kerusakan pecah, terbalik, hingga tenggelam.

Ketua Kelompok Nelayan Pantai Alasdowo, Samian menuturkan, perahu yang bersandar di tepi sungai tersebut merupakan jenis perahu berkapasitas dua gross tonage (GT) dengan panjang tujuh meter dan lebar 2,5 meter. Puluhan perahu tersebut disandarkan di tepi sungai menggunakan tali tambang yang diikatkan pada pohon.

“Sekitar pukul 01.00 WIB, hujan lebat terjadi dalam waktu beberapa jam. Setelah itu, muncul banjir bandang dari arah barat, menerjang perahu-perahu yang disandarkan di tepi sungai,” ucap Samian.

Akibat banjir bandang tersebut, puluhan perahu saling berbenturan hingga menyebabkan kerusakan hingga terbalik. Bahkan, sebagian perahu hanyut terbawa arus banjir lantaran ikatan tali pada perahu lepas.

“Kami sempat melakukan evakuasi bersama warga, anggota polisi, TNI dan relawan. Ada lima perahu yang belum ditemukan, sedangkan perahu berukuran besar kondisinya masih terbalik sehingga butuh alat berat untuk melakukan langkah evakuasi lebih lanjut,” tuturnya.

Sebanyak 70 perahu yang diterjang banjir bandang tersebut merupakan milik 65 orang nelayan. Tidak ada korban jiwa dalam tragedi tersebut, sementara kerugian material masih belum bisa diperkirakan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →