Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Wilayah Jepara Diperkirakan Hujan Ringan Hari Ini



Reporter:    /  @ 07:15:23  /  7 April 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Wilayah Kabupaten Jepara diprediksi berpotensi mengalami hujan ringan sepanjang hari, Jumat (7/4/2017). 

Dikutip dari laman bmkg.go.id, potensi hujan ringan terjadi pada siang, malam dan dini hari dengan suhu 24-32 derajat. Adapun kelembapan udara mencapai 65-95 persen. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memeringatkan potensi peningkatan hujan lebat di wilayah Indonesia. Berdasarkan pantauan satelit cuaca, kondisi itu akan berlangsung dari tanggal 6-8 April 2017. 

Hal ini disebabkan dinamika atmosfer yang menunjukan adanya pembentukan pusat tekanan rendah di perairan Selatan Jawa, Laut Aru dan Papua Nugini. Hal itu membentuk daerah pumpunan angin memanjang dari pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian Selatan, Laut Jawa hingga Jawa bagian Timur dan dari Maluku hingga Papua bagian Selatan. 

Sementara itu, suhu muka laut hangat diidentifikasi terjadi di wilayah perairan sekitar bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. 

Hal itu menyebabkan peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang maupun hujan ringan sampai sedang berdurasi lama. Kondisi itu diprediksi memengaruhi cuaca di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jawa Tengah. 

Selain itu, gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter yang juga terjadi di Laut Jawa. Oleh karena itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto mengimbau masyarakat berhati-hati akan dampak ikutan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin. Bagi pengguna sarana penyeberangan laut juga diharapkan waspada terhadap potensi gelombang tinggi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →