Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Warga di Jepara Diimbau Waspadai Penyakit Pancaroba



Reporter:    /  @ 17:00:08  /  6 April 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara mengimbau warga untuk mewaspadai penyakit yang biasa muncul di musim peralihan atau pancaroba. Kesadaran akan kebersihan diri dan lingkungan menjadi tameng terhadap berbagai jenis penyakit. 

Hal itu disampaikan Kepala DKK Jepara dr. Dwi Susilowati, Kamis (6/4/2017). Ia mengatakan, beberapa penyakit yang perlu diwaspadai adalah Demam Berdarah Dengue (DBD), batuk pilek, diare dan tipes. 

“Kuncinya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Baik untuk menanggulangi DB, pilek, diare atau tipes,” ujarnya. 

Menurutnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi penyakit pancaroba. Hujan yang kerap berganti dengan panas, akan berpotensi menimbulkan genangan air, di mana nyamuk bersarang. 

Hal ini menuntut kewaspadaan warga untuk melakukan pengecekan terhadap lingkungan sekitar. Di sisi lain, pemerintah kabupaten, DKK bersama pihak terkait juga telah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan serentak (gertak). 

“Kita juga melakukan Germas (Gerakan Masyarakat Sehat).Yakni, satu keluarga masing-masing harus mempunyai paling tidak satu orang untuk memberantas sarang nyamuk. Jadi tidak hanya mengandalkan gerakan dari pemerintah,” ungkap Dwi, dikantornya. 

Sedangkan untuk mencegah menularnya penyakit seperti pilek, warga diimbau untuk menerapkan tata krama. Seperti menutup hidung dan mulut saat batuk ataupun bersin.  

“Intinya jaga kebersihan, jangan berak di sembarang tempat, cuci tangan sebelum makan atau hendak menyentuh bayi,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Produktivitas Pertanian di Pati Selatan Terganjal Lahan Tidur

Selengkapnya →