Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Program TMMD 2017 Dibuka di Sumberagung Pati



Reporter:    /  @ 15:40:24  /  5 April 2017

    Print       Email

Bupati Pati Haryanto membuka program TMMD di Desa Sumberagung, Jaken, Pati, Rabu (5/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I 2017 mulai dibuka di Desa Sumberagung, Kecamatan Jaken, Pati, Rabu (5/4/2017).

Di desa tersebut, program TMMD dilakukan dengan mengaspal jalan alternatif desa sepanjang 830 meter dengan lebar dua meter dan ketebalan 10 sentimeter. Setelah diaspal, jalan tersebut akan dibuat talut pada sisi kanan dan kiri.

Bupati Pati Haryanto menuturkan, TMMD merupakan program rutin setiap tahunnya untuk membangun daerah tertinggal di Pati. Daerah yang dibangun merupakan desa yang dinilai tertinggal dengan infrastruktur yang kurang memadahi.

“Ada banyak manfaat program TMMD. Selain mengatasi persoalan masyarakat seperti kendala infrastruktur, kemiskinan, dan pengangguran, TMMD diharapkan bisa meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong-royong,” kata Haryanto.

Dia berharap, program TMMD yang dicanangkan setiap tahun bisa meningkatkan sinergitas antara masyarakat, TNI, Polri dan pemerintah. Sinergitas dari para pihak dinilai menjadi kekuatan yang bisa mengatasi ragam persoalan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pascaprogram TMMD, masyarakat Sumberagung mesti bisa hidup mandiri, mengandalkan infrastruktur yang sudah dicanangkan, sejumlah fasilitas penunjang dan sumber daya manusia (SDM) yang ada. Haryanto juga mewanti-wanti kepada pemerintah desa untuk tidak meninggalkan kearifan lokal setempat.

Saat ini, kemiskinan dan pengangguran di Pati semakin menurun drastis dibandingkan dengan skala Jawa Tengah dan nasional. Namun, pihaknya tetap berupaya meningkatkan kualitas SDM dan infrastruktur di Kabupaten Pati agar bisa setara dengan daerah-daerah maju di Indonesia.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Penjelasan KH Anwar Zahid Terkait Pentingnya Bersyukur saat Bangun Tidur

Selengkapnya →