Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Penemu Uang Koin Kuno di Rembang Diusulkan Dapat Kompensasi



Reporter:    /  @ 15:10:30  /  5 April 2017

    Print       Email

Ribuan uang koin kuno yang ditemukan Padiman (61) warga Desa Mojorembun, Kecamatan Kaliori, yang beberapa hari lalu diamankan di Mapolsek Kaliori. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Padiman (61) warga Desa Mojorembun, Kecamatan Kaliori, Rembang, yang menemukan uang koin kuno di area persawahan di Meteseh, Kecamatan Kaliori beberapa waktu lalu diusulkan untuk bisa mendapatkan kompensasi dari pemerintah.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang Muttaqin,mengatakan, terkait kompensasi tersebut, akan menunggu terlebih dahulu dari Balai Pelestarian Cagar Budaya(BPCB) Jawa Tengah.

“Dengan begitu, tim peneliti bisa menaksir benda tersebut mengandung apa, berapa harganya dan lainnya. Sehingga, pemberian kompensasi bisa disesuaikan dengan standarisasi dari nilai barang tersebut,” ungkapnya, Rabu (5/4/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk anggaran tahun 2017 ini, di dinasnya tidak ada alokasi untuk kompensasi tersebut. Namun demikian, jika memang nantinya ada rekomendasi, hal itu akan diusulkan pada APBD Perubahan.

Sementara itu, mengenai seajarah uang koin kuno bertuliskan huruf Cina tersebut, diperkirakan ada sejak tahun 1.086 Masehi. “Dari penelitian staf kebudayaan Dinbudpar Rembang, ribuan koin bertuliskan huruf Cina itu diperkirakan ada pada tahun 1086 atau Dinasti Song Utara. Di mana, masa itu saat masih dipimpin Raja Yuan Yu Tung Pao. Selain itu, dinasti tersebut juga ada pada saat Kerajaan Majapahit,” bebernya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →