Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pemkab Rembang Bagikan 962 KIS untuk Warga di Kecamatan Kragan



Reporter:    /  @ 21:00:08  /  3 April 2017

    Print       Email

Asisten Administrasi Setda Rembang yang sekaligus menjabat Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Abdullah Zawawi memberikan KIS secara simbolis kepada warga di Kecamatan Kragan (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang membagikan 962 Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga di 25 desa di Kecamatan Kragan. Pembagian tersebut dilakukan di pendopo setempat pada Senin (3/4/2017).

Asisten Administrasi Setda Rembang yang sekaligus menjabat Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Abdullah Zawawi mengatakan, dengan kartu KIS, masyarakat yang berasal dari keluarga tidak mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

“Setelah menerima kartu, maka segera dicek, apakah ada kesalahan nama atupun alamat. Jika ada kesalahan segera diajukan ke kantor BPJS Rembang. Dalam sehari, kartu yang baru bisa langsung jadi. Bagi kepala desa, jika ada warganya yang salah, segera diminta untuk membetulkan,” pesannya.

Dirinya juga menginformasikan, bahwa dengan kartu KIS, jika dirujuk ke rumah sakit luar kota, maka biaya mobil ambulan juga gratis. Akan tetapi, jika pasien meninggal dunia maka biaya mobil jenazah tidak dikover, atau biaya sendiri.

Selain itu, jika ada warga miskin yang belum mendapat kartu KIS, maka bisa segera mengajukan ke pemerintah desa setempat, kemudian melalui kecamatan diteruskan ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Rembang. Setelah itu, akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim dari Dinsos PPKB.

“Jika memang betul mereka merupakan warga tidak mampu maka Dinsos PPKB akan menyerahkan data tersebut ke Dinas Kesehatan yang akan diberikan kepada BPJS Rembang. Setelah itu baru diterbitkan kartunya,”terangnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Rembang, Slamet Widodo menyampaikan, jika ditemukan kartu KIS dengan nama yang sama atau double maka segera dilaporkan ke Kantor BPJS Rembang dengan membawa kartu KIS, KTP dan KK. Penyebab data ganda dikarenakan data di pusat juga dobel.

“Saat ini tambahan data yang baru masuk di kami dan berlaku per April ini ada seribu lebih. Saat ini kami masih proses cetak kartu. Jika ada masyarakat yang sudah didaftarkan ke kami dan belum menerima kartu tetapi sakit, kalau KTP-nya sudah masuk, maka sudah bisa dipakai layanan KIS-nya, meskipun belum memegang kartu,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →