Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kades di Pati Merasa ‘Dihantui’ Polisi dan Jaksa Terkait Dana Desa



Reporter:    /  @ 18:30:48  /  3 April 2017

    Print       Email

Sejumlah kepala desa berada di Pendapa Pati seusai mengikuti agenda kunjungan Tim Banggar DPR RI dengan OPD dan kepala desa, Senin (3/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kepala Desa Margorejo, Nabiyanto mengungkapkan ketakutannya dengan pihak kepolisian dan kejaksaan terkait dengan penggunaan dana desa. Hal itu diungkap Nabiyanto dalam Kunjungan Kerja Tim Banggar DPR RI dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepala desa di Pendapa Kabupaten Pati, Senin (3/4/2017).

“Biarkan kami fokus kerja. Jangan dihantui sama bapak-bapak yang terhormat, polisi dan jaksa. Selama ini, kami merasa ketakutan menggunakan dana desa, karena dihantui kepolisian dan kejaksaan,” ungkap Nabiyanto.

Menjawab kekhawatiran tersebut, Ketua Badan Anggaran DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan, penggunaan dana desa tidak akan bermasalah selama dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014. Karena itu, dia menyarankan kepada para kepala desa di Pati untuk tidak takut menggunakan dana desa.

“Kalau pelaksanaannya tidak ada yang menyimpang, tentu tidak masalah. Dalam menggunakan dana desa harus mengutamakan transparansi dan akuntabel, serta bertumpu pada kebutuhan masyarakat. Kalau sudah transparan, akuntabel, dan sesuai aturan, polisi dan jaksa tidak akan ngapa-ngapain,” tutur Azis.

Selain itu, Pemkab Pati pasti punya petunjuk pelaksanaan dana desa. Petunjuk dan bekal dari pemkab itu yang mesti dilakukan kepala desa agar tidak terhantui dengan kesalahan dalam penggunaan dana desa.

“Polisi dan jaksa itu salah kalau ada penyimpangan penggunaan dana desa tapi dibiarkan. Polisi dan jaksa harus bertindak kalau ada penyelewengan dana desa, karena itu tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat. Di sisi lain, kades mesti menjalankan sesuai aturan agar tidak terhantui polisi dan jaksa,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Taman Bajomulyo Juwana Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Selengkapnya →