Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Meriahkan HUT Jepara, RBI Roadshow Mendongeng ke 468 Lokasi



Reporter:    /  @ 16:22:21  /  3 April 2017

    Print       Email

Den Hasan sedang berinteraksi dengan para siswa SDUT Bumi Kartini Jepara, saat menggelar roadshow mendongeng, Senin (03/04/2017). (MuriaNewsCom/ Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom,Jepara– Memperingati HUT Jepara ke-468, Rumah Belajar Ilalang (RBI) gelar roadshow mendongeng ke ratusan lokasi sesuai umur kabupaten itu. Hari ini SD Unggulan Terpadu (SDUT) Bumi Kartini, Kuwasen-Jepara menjadi salah satu tempat diselenggarakannya acara tersebut, Senin (03/04/2017). 
Tak pelak, dongeng yang dibawakan oleh Muhammad Hasan atau kerap disapa Den Hasan itu, mendapat sambutan meriah dari para siswa. 

“Tadi inti ceritanya tentang kesehatan. Jadi kita harus menjaga kesehatan, seperti makan sayur,” ucap Raymond (7) seorang siswa SDUT Bumi Kartini Jepara.  

Pantauan MuriaNewsCom, murid disuguhkan cerita Memeden Gadhu, dan beberapa cerita folklore lokal asal Jepara. Penyampaian dongeng pun dilaksanakan dalam durasi singkat, sekitar 10 menit.  

Humas RBI Susi Ernawati Susindra mengatakan, kegiatan tersebut rencananya akan digelar di 468 titik sesuai dengan HUT Jepara. Hingga hari ini, pihaknya telah melakukan roadshow di puluhan lokasi. 

“Ini hari ketiga kami melakukan roadshow, sejak hari Sabtu (01/04/2017). Adapun lokasi yang telah dikunjungi adalah sekolah dan beberapa lokasi lain yang ada di Kecamatan Jepara. Setelahnya dilanjutkan ke beberapa kecamatan lain,” tuturnya. 

Ia melanjutkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kembali tradisi bercerita kepada orang tua. Selain itu, pihaknya juga berharap dapat memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). 

“Kami mencoba mengenalkan kebiasaan mendongeng kepada orang tua, sebab hal itu sangat penting untuk perkembangan anak. Dengan mendongeng, anak bisa mengekspresikan kehendak mereka kepada orang tua,” imbuh Susi. 

Sementara itu Den Hasan mengungkapkan, banyak di antara siswa yang antusias mengikuti acara tersebut. “Rupanya banyak siswa yang merindukan didongengi. Karena hakikatnya mereka senang akan kegiatan bercerita,” jelas Hasan. 

Di samping itu, melalui medium dongeng, orang tua sebenarnya bisa memberikan nasihat dengan cara yang lebih elegan. “Sebenarnya di dalamnya (dongeng) ada nasihat, namun ia disampaikan dengan contoh, tidak secara langsung,” tambahnya. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →