Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

50 SMK di Grobogan Selenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer



Reporter:    /  @ 15:30:19  /  3 April 2017

    Print       Email

Beberapa siswa SMK Pembangunan Nusantara Gabus yang mengikuti UNBK di SMKN 1 Purwodadi sedang melihat info denah ruangan dan tempat duduk yang ditempel di tempat pengumuman. (MuriaNewsCom / Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pelaksanaan ujian nasional untuk SMK di Grobogan tahun ini berbeda dari sebelumnya. Sebab, semua SMK menyelenggarakan model Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu disampaikan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Grobogan Sukamto pada wartawan, Senin (3/4/2017).

“Untuk tahun ini, SMK di Grobogan 100 persen selenggarakan UNBK. Jumlah siswa yang tercatat sebagai peserta ujian nasional yang dimulai hari ini ada 5.911 orang,” katanya.

Dijelaskan, jumlah SMK negeri dan swasta se-kabupaten ada 50 sekolah. Dari jumlah ini, sebanyak 37 SMK menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Sedangkan 13 SMK bergabung atau menumpang sekolah lain dalam menyelenggarakan UNBK.

“Seperti di tempat kami, ada 4 SMK yang nunut UNBK di sini. Yakni, SMK Pembangunan Nusantara Gabus, SMK Islam Terpadu Pelita Purwodadi, SMK Nusantara Grobogan, dan SMK Terpadu Irsyadut Thulab Purwodadi,” jelas Sukamto yang menjabat Kepala Sekolah SMKN 1 Purwodadi itu.

Untuk menyelenggarakan UNBK kali ini tersedia 73 server atau ruang kelas komputer. Kemudian, untuk mengantisipasi gangguan juga disiapkan 33 server cadangan.

Penyelenggaraan ujian nasional dibeberapa sekolah dilakukan dalam beberapa sesi. Hal ini disebabkan jumlah peserta cukup banyak, sementara kapasitas server maksimal dipakai untuk 40 siswa.

“Ada sekolah yang melaksanakan ujian nasional hanya 1 dan 2 sesi saja. Tetapi ada yang sampai 3 sesi, seperti di tempat kami,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →