Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Warga Rembang Temukan Ribuan Uang Koin Kuno, Dijual ke Pengepul Rosok Rp 160 Ribu



Reporter:    /  @ 14:30:30  /  3 April 2017

    Print       Email

Padiman (61) warga Desa Mojorembun RT 2 RW 4 Kaliori saat menunjukan koin kuno yang ditemukannya. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Padiman (61) warga Desa Mojorembun RT 2 RW 4 Kecamatan Kaliori, Rembang, menemukan uang koin kuno bertuliskan huruf Cina pada Senin (27/3/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.

Ribuan uang koin kuno yang menurut Padiman mencapai 9,5 kilogram tersebut, akhirnya dijual ke pengepul rosok di Dukuh Sekarsari, Desa Dresan, Kecamatan Sumber, Rembang dengan harga Rp 160 ribu.

Ia menceritakan, uang tersebut ditemukannya di area persawahan di Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, Rembang. “Saat itu, saya sedang mengeduk tanah untuk bahan batu bata. Tak sengaja, cangkul saya terkena uang koin kuno itu dan kemudian saya kumpulkan. Kata tetangga, itu dikira besi atau ring baut, sehingga saya jual ke pengepul rosok,” ungkapnya.

Saat ia timbang, katanya, bobotnya mencapai 9,5 kilogram. Namun, setelah ditimbang di pengepul disebut hanya 7 kilogram. Bahkan, setelah itu berkurang lagi, hanya 6 kilogram.

Katanya, uang koin kuno tersebut, dihargai per kilonya Rp 30 ribu, atau secara keseluruhan sebanyak 6 kilogram Rp 180 ribu. Namun, oleh pengepul, dirinya hanya diberi uang Rp 160 ribu.

Setelah beberapa waktu kemudian, pengepul rosok tersebut datang kepadanya untuk meminta uang hasil penjualan koin itu dikembalikan. Dari pengakuan pengepul tersebut, uang itu disita pihak berwajib, setelah dijual ke pengepul kedua.

“Ya mau gimana lagi, ketimbang nanti berujung panjang, maka uang Rp 160 ribu itu serahkan ke pengepul pertama.Mudah-mudahan sih ada dinas atau pihak terkait yang bersedia memberikan kompensasi ini. Sebab saya juga sudah membuang tenaga dan lainnya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →