Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kuliner Unik, Makan Bakso Sekalian Mangkuknya, Hanya di Kudus



Reporter:    /  @ 11:00:22  /  25 Maret 2017

    Print       Email

Bakso mangkuk yang siap disantap dengan lezat di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bagi para pecinta kuliner,  terutama bakso, harus coba yang satu ini. Namanya Bakso mangkuk. Dalam bakso itu, pembeli tak hanya menyantap baksonya saja yang bulat, tapi juga menyantap mangkuknya.

Seperti dengan namanya, bakso tersebut terbilang unik. Karena jika biasanya mangkuknya dari beling dan tak bisa dimakan, maka Bakso Mangkuk ini beda. Mangkuknya juga berbahan dari bakso.

“Biasanya ada pembeli bakso yang suka “tanduk” (tambah) saat membelinya. Jadi buat inovasi bagaimana caranya pembeli yang cinta bakso puas. Akhirnya coba-coba buat ini bakso mangkuk,” kata M Jaya Akhlis Kusuma, pemilik warung Bakso 57 di depan RSI Kudus.

Jaya memilih jenis bakso mangkuk lantaran dilihatnya sebagai hal yang aneh. Dari namanya saja, sudah banyak mengundang pembeli lantaran penasaran dengan bakso tersebut. Khususnya penggila kuliner bakso.

Sebelumnya, kata dia pernah mau membuat bakso jumbo biasa. Namun dilihat bentuk dan namanya dirasa kurang menjual di masyarakat. Terlebih, beberapa penjual bakso di Kudus juga sudah ada yang menjual bakso jumbo.

“Selain bakso jumbo, di sini juga menjual berbagai jenis bakso lainya. Seperti bakso beranak, bakso gerhana matahari, bakso gerhana bulan, dan lainya,” imbuhnya.

Jaya mengatakan kalau sebenarnya bakso tersebut belum lama dijual. Baru sekitar dua pekan. Hasilnya sangat memuaskan dengan banyak pembeli yang datang.

“Untuk satu porsi bakso mangkuk, saya jual dengan harga Rp 20 ribu. Itu termasuk murah untuk kantong masyarakat Kudus pada umumnya. Selain itu, porsi juga cukup banyak sehingga kenyang,” jelasnya.

Warung bakso miliknya buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.  Aida, pembeli asal Pati yang jajan bakso mangkuk sengaja datang jauh-jauh karena penasaran. “Biasanya kan bakso beranak ya, tapi ini bakso mangkuk. Lebih puas malahan makan bakso mangkuk ini. Lebih kenyang juga. Enak,” katanya di lokasi warung itu.

Menurutnya, dia mendengar nama bakso mangkuk dari temanya yang asli Kudus. Berbekal penasaran itulah dia mencoba datang mencicipi. Karena, dia memang seorang yang pecinta kuliner termasuk bakso.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak

Selengkapnya →