Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gara-gara Presensi Online, PNS di Pati Banyak yang Ajukan Pensiun Dini

1.073
Ilustrasi

MuriaNewsCom, Pati – Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingungan Pemerintah Daerah ternyata tidak semua disambut baik oleh PNS di Pati. Adanya ketentuan presensi online dalam perbup tersebut, membuat sejumlah PNS justru ingin pensiun dini.

Padahal, perbup tersebut dibuat agar PNS di Kabupaten Pati menjadi lebih disiplin dan tepat waktu. Dalam ketentuannya, ada penghargaan (reward) dan sanksi (punishment) yang diberikan kepada PNS bila disiplin atau tidak disiplin.

Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati Abdul Kharis menuturkan, presensi online disinyalir menjadi salah satu alasan bagi sejumlah PNS ingin mengajukan pensiun dini. Mereka yang mengajukan pensiun dini berasal dari latar belakang yang berbeda.

“Sejak ada presensi online, banyak PNS yang kalang kabut. Mereka harus disiplin masuk kerja, sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Beberapa dari mereka mengeluh, lebih baik tidak ada tambahan penghasilan pegawai (TPP) ketimbang ada presensi online,” ungkap Kharis, Jumat (10/3/2017).

Saat ini, Kharis mengaku sudah ada puluhan PNS yang rencananya mengajukan pensiun dini. Namun, pengajuan pensiun tidak semudah yang dibayangkan, tetapi harus memenuhi syarat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurutnya, banyaknya PNS di Pati yang mengajukan pensiun dini disebabkan tidak ingin teratur dan disiplin dalam bekerja. Terutama, PNS yang bertugas di lapangan, seperti pegawai pasar, penyuluh, dan PNS yang berada jauh dari lokasi yang digunakan untuk presensi.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.