Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Permadani Diharapkan Semangat Nguri-uri Budaya Jawa



Reporter:    /  @ 13:03:46  /  28 Februari 2017

    Print       Email

Perwakilan Permadani saat bertemu dengan Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto menilai, Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) menjadi salah satu organisasi yang diharapkan mampu nguri-nguri budaya Jawa dengan niat ikhlas “rame ing gawe, sepi ing pamrih.”

“Terlebih saat ini banyak sekali berbagai gempuran budaya dari luar dan pengaruh gaya hidup yang modern. Tentunya, ini sedikit demi sedikit akan mengikis budaya Jawa,” kata Bayu.

Wabup juga berharap, warga Rembang berbagai kalangan bisa ikut bergabung dengan organisasi yang mempertahankan budaya lokal tersebut. “Siapapun juga boleh bergabung ke Permadani. Baik yang berusia tua maupun muda.  Yang terpenting ialah harus mengikuti pawiyatan dulu. Sehingga nantinya bisa paham betul dengan budaya Jawa,”ungkapnya.

Dia menambahkan, Pemkab Rembang akan selalu mendukung dengan adanya pemberdayaan SDM, khususnya usia remaja, untuk bisa berperan serta membentengi budaya asing yang bisa mengikis budaya Jawa.

Baca juga : Permadani Bakal Blusukan ke Sekolah untuk Jaring Anggota

Sementara itu, Sekretaris Permadani Rembang Purwono mengatakan, saat ini anggota Permadani masih didominasi orang tua. Sementara, untuk yang usia muda masih hanya kisaran 20 persen saja.

“Untuk itu, perlu adanya terobosan yang harus kita lakukan. Ke depan, kita rencananya akan masuk ke sekolah-sekolah, seperti halnya SMA dan SMK untuk merekrut anggota. Tentunya, tujuan kita agar semakin banyak generasi muda yang paham tentang bahasa dan budaya Jawa,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Film Produksi SMPN 1 Gubug Kembali Berjaya di Ajang Festival Film Grobogan

Selengkapnya →