Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Kulkas Ini Bisa Deteksi Kejujuran Polisi di Grobogan



Reporter:    /  @ 23:14:07  /  11 Januari 2017

    Print       Email

 

Salah seorang anggota Polres Grobogan sedang mengambil minuman dalam kulkas dan menaruh uangnya di toples yang sudah disediakan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Salah seorang anggota Polres Grobogan sedang mengambil minuman dalam kulkas dan menaruh uangnya di toples yang sudah disediakan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan  – Selain televisi, ada peralatan elektronik baru yang tersedia di ruang tunggu Satreskrim Polres Grobogan sejak beberapa hari lalu. Yakni, satu buah dispenser dan satu unit kulkas yang berisi aneka jenis minuman dalam botol.

Siapa saja yang datang, boleh ambil minuman sesukanya. Tetapi, bukan gratis. Mereka yang ambil minum harus bayar. Harga minumannya sudah ditempel di pintu kulkas.

Selain minuman dingin di dalam kulkas, ada juga kopi dalam kemasan yang ditaruh di di atas kulkas. Buat yang suka ngopi tinggal menuangkan air panas dari dispenser yang ada di samping kulkas.

Yang sempat bikin bingung, dalam ruangan itu tidak ada petugas khusus. Ternyata, bagi yang ambil minuman cukup menaruh uang di dalam toples plastik di atas kulkas. Kalau uangnya lebih maka kembaliannya juga ambil sendiri dalam toples tersebut.

“Ini namanya kantin kejujuran. Jadi, siapa saja yang ambil minum silakan bayar dan taruh uang di tempatnya, termasuk saya juga begitu. Kalau butuh uang kembalian, langsung ambil juga di situ. Meski namanya kantin, namun yang tersedia hanya minuman saja,” kata Kasat Reskrim AKP Eko Adi Pramono, Rabu (11/1/2017).

Eko menjelaskan, ide menyediakan kantin itu dilatar belakangi dari banyaknya warga yang sering datang untuk berbagai kepentingan. Sambil menunggu, mereka tidak perlu pergi terlalu jauh dari kantor jika mau mendapatkan minuman.

“Sebenarnya kita sudah sediakan air mineral dalam gelas plastik. Namun, terkadang banyak yang pingin minum dingin sambil menunggu keperluannya selesai,” jelas mantan Kasat Reskrim Polres Rembang itu.

Selain warga, kantin kejujuran juga disediakan bagi anggota. Utamanya bagi mereka yang piket malam. Dengan adanya aneka minuman dingin maupun kopi, anggota piket tidak perlu repot meninggalkan tempat tugasnya.

Sejak disediakan beberapa waktu lalu, minuman di dalam kulkas sudah cepat habis. Uang yang terkumpul di toples dibelanjakan lagi. Untuk order ulang minuman juga tidak repot. Tinggal telpon suplayernya, barang segera diantar.

“Kita tidak pasang target keuntungan karena ini bukan bisnis. Berapapun uang yang terkumpul langsung dibelanjakan lagi,” terangnya.

Sementara itu, Wakapolres Grobogan Kompol Wahyudi mengapresiasi adanya kantin kejujuran tersebut. Sebab di sisi lain, adanya kantin kejujuran juga mengajak anggota belajar jujur dari hal yang kecil. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Anggota TNI di Pati Salurkan ‘Sembako Lebaran’ untuk Fakir Miskin

Selengkapnya →