Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jutaan Surat Suara Pilkada Pati Tiba di KPU



Reporter:    /  @ 20:00:43  /  11 Januari 2017

    Print       Email
Komisioner KPU Pati usai mengecek paket surat suara Pilkada Pati yang tiba dari sebuah percetakan di Sidoarjo, Jawa Timur. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Komisioner KPU Pati usai mengecek paket surat suara Pilkada Pati yang tiba dari sebuah percetakan di Sidoarjo, Jawa Timur. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 1.060.995 surat suara Pilkada Pati sudah sampai di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati. Hal itu disampaikan Ketua KPU Pati Much Nasich, Rabu (11/1/2017).

Jumlah surat suara tersebut dihitung dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.030.256 plus 2,5 persen dari jumlah DPT sebanyak 30.739 dan 2.000 surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU). Khusus untuk surat suara PSU akan diberikan stempel khusus PSU untuk membedakan dengan surat suara biasa.

Selanjutnya, penyortiran dan pelipatan surat suara dijadwalkan pada Senin (16/1/2017) pekan depan. Penyortiran dilakukan untuk memastikan apakah ada surat suara yang tidak layak atau tidak. Bila ada surat suara yang rusak, KPU akan membuat berita acara sehingga kekurangannya bisa dipenuhi penyedia barang.

“Kami berharap tidak ada surat suara yang rusak, sehingga tidak kerja dua kali. Sebab, bila ada surat suara yang rusak pada saat penyortiran nanti, kami harus membuat berita acara yang disampaikan kepada penyedia barang,” kata Nasich.

Sampai saat ini, logistik yang sudah tiba di KPU Pati adalah surat suara dan tinta. Sedangkan logistik seperti formulir, segel, alat coblos, hologram dan alat tulis kantor (ATK) lainnya dijadwalkan sampai pada Minggu (15/1/2017).

Dia meminta kepada rekanan untuk segera mengirim kebutuhan logistik secepatnya. Pasalnya, persiapan untuk melaksanakan kebutuhan logsitik pada Pilkada Pati butuh waktu yang cukup, termasuk distribusi ke masing-masing tingkat kecamatan dan tempat pemungutan suara (TPS).

“Sesuai dengan jadwal, persiapan logistik harus sudah selesai tujuh hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Karena itu, kami sudah menekankan kepada rekanan untuk segera mengirimkan kebutuhan logistik Pilkada sesuai dengan jadwal,” pungkas Nasich.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Ssst….! Rumah Dinas Wabup Grobogan Mulai Dibenahi, Siapa yang Bakal Menempati?

Selengkapnya →