Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Hama Wereng Serang Tanaman Padi di Rembang



   /  @ 12:00:56  /  11 Januari 2017

    Print       Email
 Petani sedang melakukan penyemprotan pestisida ke tanaman padi untuk mengatasi hama wereng. (Humas Setda Rembang)

Petani sedang melakukan penyemprotan pestisida ke tanaman padi untuk mengatasi hama wereng. (Humas Setda Rembang)

MuriaNewsCom,Rembang – Petani di beberapa kecamatan di Kabupaten Rembang diresahkan dengan adanya hama wereng yang menyerang tanaman padi mereka.

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Pertanian dan Pangan  berupaya melakukan pemberantasan hama tanaman padi tersebut. Upaya itu sebagai langkah responsif atas ditemukannya hama wereng maupun penggerek batang di lahan sawah yang ada di beberapa kecamatan.

Penyuluh pertanian Kabupaten Rembang bersama petani dan TNI di Kecamatan Bulu dan Pamotan misalnya, hari ini, Rabu (11/1/2017) berupaya melakukan pemberantasan hama wereng cokelat. Akhir-akhir ini tanaman padi petani di serang hama tersebut, sehingga harus segera dikendalikan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Suratmin mengatakan, pestisida diambil dari Brigade Proteksi Tanaman di Pati. Sebanyak ratusan liter pestisida disiapkan untuk mengatasi gangguan hama wereng ini.

“Gangguan hama ini, di Pamotan ada, Kragan ada dan juga di Pancur yang paling banyak, jumlanya sekitar 600-an hektare. Jika masih tingkat awal,gangguan hama wereng maupun penggerek batang masih bisa diatasi. Ada temuan langsung kita kendalikan,”pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan oleh penyuluh dan kelompok tani, di temukan wereng batang cokelat rata-rata dua ekor per 4 rumpun. Pengendalian dilakukan secara cepat karena penyebaran wereng ini terhitung cepat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Lewat Bantuan Grup WhatsApp Sopir, Maling Truk di Grobogan ini Akhirnya Ketangkap

Selengkapnya →