Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Aparat Desa di Rembang Diberikan Pelatihan Komputer



   /  @ 22:00:06  /  10 Januari 2017

    Print       Email
Beberapa parat desa di Rembang saat mengikuti pelatihan komputer di Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Rembang. (Humas Setda Rembang)

Beberapa parat desa di Rembang saat mengikuti pelatihan komputer di Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Rembang. (Humas Setda Rembang)

MuriaNewsCom,Rembang – Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Rembang mengadakan pelatihan komputer gratis bagi perangkat desa ataupun sekretaris desa, Selasa (10/1/2017).

Peserta pelatihan dilatih beberapa teknik komputerisasi, mulai belajar tentang dasar-dasar komputer hingga nantinya belajar tentang Sistem Informasi Desa (SID).

Kasi Layanan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Bidang Perpustakaan Yazid Aris Khoiron mengatakan, untuk pelatihan yang berlangsung hari ini, merupakan gelombang ketiga. Gelombang pertama dan kedua dilaksanakan bulan November dan Desember 2016.

“Mereka yang belajar hari ini merupakan sekdes dari wilayah Kecamatan Rembang. Setelah Kecamatan Rembang, desa di Kecamatan Sulang juga memberikan sinyal positif untuk ikut pelatihan. Di tahun ini kami memiliki anggaran untuk berbagai pelatihan total 40 jenis pelatihan. Kita manfaatkan untuk memberdayakan masyarakat,” ujarnya.

Tahun ini pihaknya juga akan merealisasikan kegiatan itu di empat desa. Di antaranya di Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Desa Sanetan, Kecamatan Sluke dan Desa Trembes, Kecamatan Gunem.

Aris menuturkan, perputakaan saat tidak hanya sebagai tempat orang membaca buku saja. Perpustakaan dewasa ini menjadi pusat kegiatan masyarakat.

“Untuk kegiatan ini kita ingin mendidik aparat desa agar mahir menggunakan komputer. Di akhir pertemuan akan dilatih tentang Sistem Informasi Desa yang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika,”ungkapnya.

Terkait pelaksanaan pelatihan, katanya dilakukan seminggu lima kali. Yakni, Senin sampai Jumat selama satu bulan. Peserta mendapatkan materi microsoft word, exel dan power point, membuat email, blogging, medsos dan desain grafis dan SID.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya menggunakan tenaga staf dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sendiri, yakni Muhammad Lutfi Yulian Azar untuk dasar-dasar komputer. Kemudian materi lainnya bekerja sama dengan swasta atau kalangan praktisi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Warga menikmati suasana di titik jalan yang baru selesai dibangun di Purwosari, Kudus. (MuriaNewsCom /Faisol Hadi)

Perbaikan Jalan Ratusan Meter di Purwosari Rampung 

Selengkapnya →