Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pelipatan Surat Suara untuk Pilkada Jepara Bakal Dimulai 13 Januari



Reporter:    /  @ 14:00:30  /  10 Januari 2017

    Print       Email
Petugas sedang mengecek paket surat suara untuk Pilkada Jepara yang baru tiba di Kantor KPU Jepara, Selasa (9/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Petugas sedang mengecek paket surat suara untuk Pilkada Jepara yang baru tiba di Kantor KPU Jepara, Selasa (9/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara telah menjadwalkan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pilkada pada 15 Februari mendatang. Penyortiran dan pelipatan akan dilakukan pada 13 hingga 18 Januari 2017.

Komisioner KPU Jepara Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat  Subchan Zuhri mengatakan, surat suara yang dicetak di PT Temprina Media Grafika Jawa Timur telah tiba di Kantor KPU Jepara pada Senin (9/1/2017) malam dengan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.

“Untuk tahap selanjutnya akan dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan dilakukan pada 13 hingga 18 Januari mendatang. Untuk pelipatan, informasi yang ada, surat suara pilkada ini baru ada satu lipatan. Yakni, lipatan yang ada di tengah atau dari atas ke bawah. Selanjutnya, akan ditambah satu lipatan lagi, yaitu lipatan menyamping,” kata Subchan.

Menurutnya, lipatan yang kedua tersebut akan bisa memperkecil surat suara yang akan dicoblos.”Jadi sebelum melipat surat suara, maka petugas nantinya akan membuka lipatan yang pertama untuk mengkroscek kondisi gambar, surat suara. Apakah nantinya terdapat kerusakan atau sebagainya. Setelah itu, nantinya akan dilipat kembali membentuk lipatan memanjang ditengah. Nah setelah itu dilipat yang ke dua, yakni menyamping. Sehingga nantinya membentuk segi empat,” imbuhnya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai jumlah petugas bagian pelipatan, ia mengutarakan bahwa nantinya akan melibatkan sekitar 70 orang, yang dimungkinkan akan diambilkan orang-orang yang pernah ikut melipat surat suara pada pemilu yang lalu, dan sudah berpengalaman serta tak perlu mengajarinya lagi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Ssst….! Rumah Dinas Wabup Grobogan Mulai Dibenahi, Siapa yang Bakal Menempati?

Selengkapnya →