Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kapal Astina Kandas di Perairan Karimunjawa



Reporter:    /  @ 12:20:30  /  10 Januari 2017

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Kapal Astina kandas di perairan Karimunjawa, atau tepatnya di area Karangkapal yang memang selama ini dianggap cukup berbahaya. Kandasnya Kapal Astina tersebut terjadi pada Senin (9/1/2017) sore.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin melaui Kasat Polairut AKP Hendrik Irawan mengatakan, Kapal Astina berangkat dari Muara Angke Kaliadem pada Minggu (8/1/2017) sekitar pukul 16.00 WIB, dan rencananya akan menuju Bali.

Namun, sesampainya di perairan Karimunjawa, Senin (9/1/2017) sekitar pukul 16.00 WIB, Kapal Astina terjebak di kawasan Karangkapal pada koordinat 05 53′ 500” S dan 110 13′ 871” E sejauh 2 mil dari bibir pantai.

”Kapal rencananya mau masuk Karimunjawa untuk minta penambahan air, tapi salah haluan karena tidak ada yang memandu, dan akhirnya kandas di lokasi kejadian,” katanya.

Kapal Astina yang terjebak di kawasan Karangkapal pertama kali diketahui Asarif, nelayan dari Desa Alang-alang, Karimunjawa. Ketika itu, Asarif yang membawa Kapal Bunga Sari Nahkoda bermaksud mencari ikan. Sesampainya di kawasan tersebut sekitar pukul 19.00 WIB Asarif melihat Kapal Astina dalam posisi kandas. Asarif kemudian bergerak menuju Kapal Astina untuk melakukan penyelamatan.

”Kapal Astina baru bisa lepas dari Karangkapal sekitar pukul 21.00 WIB tadi malam dengan ditarik menuju Karimunjawa. Sampai di Karimunjawa pada Selasa (10/1/2017) sekitar  02.30 WIB. Kapal dalam keadaan mengalami trouble pada mesin karena propeler terlilit tali jangkar,” bebernya.

Dia melanjutkan,  kapal Astina kandas sekitar lima jam. Setelah berada di Pelabuhan Karimunjawa, kapal dalam proses perbaikan sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah itu akan melanjutkan perjalan menuju  Bali.

“Dalam dunia pelayaran, setiap kapal punya peta dan GPS. Sehingga bisa diketahui lokasi rawan atau banyaknya karang yang ada di area setempat. Saya juga belum bisa memastikan penyebab kejadian tersebut. Bisa jadi karena cuaca buruk atau human error,” ungkapnya.

Perlu diketahui, dalam kejadian tersebut, tak ada korban jiwa. Kapal Astina membawa lima ABK yaitu Richardo S, Wiwit, Allan, Jamal, dan Remon. Semuanya selamat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ternyata Begini Cara Napi Rutan Jepara Kabur dari Tahanan

Selengkapnya →