Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Pati



Reporter:    /  @ 20:00:12  /  9 Januari 2017

    Print       Email
 Seorang peserta mengikuti simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Pati di BP Dikjur, Senin (9/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Seorang peserta mengikuti simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Pati di BP Dikjur, Senin (9/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar bimbingan teknis (bimtek) terpadu pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) di Gedung Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan (BP Dikjur), Senin (9/1/2017).

Hal itu diharapkan agar seluruh penyelenggara Pilkada Pati 2017, mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten memahami regulasi penyelenggaraan pilkada. “Panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pengawas kecamatan harus satu pemahaman terkait regulasi pilkada, sehingga tidak ada miskomunikasi ketika pilkada berlangsung,” kata Ketua KPU Pati Much Nasich.

Tak hanya bimbingan teknis, KPU juga menggelar simulasi penyelenggaraan pemungutan suara yang petugasnya diambilkan dari para peserta. Simulasi dinilai penting, karena masih ada PPK dan Panwascam yang belum sepenuhnya memahami teknis pemungutan dan penghitungan suara.

Setelah mengikuti bimtek tungsura, para peserta diharapkan bisa menggelar bimtek yang sama di tingkat kecamatan dengan peserta dari panitia pemungutan suara (TPS) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Bila semuanya sudah paham regulasi dan teknisnya, berbagai problem bisa diantisipasi di awal bila ada kendala di lapangan.

Hono, salah satu perserta mengaku sangat terbantu dengan adanya bimtek tungsura. Menurutnya, bimtek yang memberikan bimbingan terkait regulasi dan teknis penyelenggaraan Pilkada bisa memberikan pemahaman sepenuhnya bagi penyelenggara tingkat kecamatan dan desa.

“Bimbingan teknis memang perlu, karena biasanya di lapangan nanti kita banyak menemukan polemik dan kendala. Dengan adanya bimtek dan satu pemahanan regulasi, sebisa mungkin kita tidak ada miskomunikasi antara PPK dan Panwascam,” pungkas Hono.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Warga menikmati suasana di titik jalan yang baru selesai dibangun di Purwosari, Kudus. (MuriaNewsCom /Faisol Hadi)

Perbaikan Jalan Ratusan Meter di Purwosari Rampung 

Selengkapnya →