Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Unik! Pemilihan Ketua RT di Desa Winong Pati Pakai Sistem Pemungutan Suara



Reporter:    /  @ 17:45:47  /  9 Januari 2017

    Print       Email
 Suasana pemungutan suara pilkaret di Perumnas Winong RT 8 RW 4, Kecamatan Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Suasana pemungutan suara pilkaret di Perumnas Winong RT 8 RW 4, Kecamatan Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Selama ini, pemilihan ketua rukun tetangga (RT) di suatu desa, biasanya masih sebatas menggunakan sistem musyawarah. Namun, berbeda dengan pemilihan ketua RT di Desa Winong, Kecamatan Pati.

Di sana, pemilihan ketua RT menggunakan mekanisme pemungutan suara layaknya pilkada, pileg, pilgub atau pilpres. Dengan pemilih sekitar 149 orang, penyelenggaraan pemilihan ketua RT atau warga menyebutnya “pilkaret” berlangsung pada Minggu (8/1/2017).

Dari 149 daftar pemilih, warga RT 8 RW 4 Perumnas Winong yang hadir sebanyak 108 orang. Dari tiga calon yang ditetapkan panitia pemungutan suara, Dwi Indra Permana yang akhirnya ditetapkan sebagai Ketua RT 8 RW 4 Perumnas Winong, mengalahkan dua kompetitornya, yakni Abdul Aniq dan Sukowiloyo.

Kepala Desa Winong Jarnawi mengatakan, pilkaret yang diadakan di RT 8 pertama kali digelar di desanya. Hal itu dianggap menjadi pendidikan demokrasi di tingkat RT untuk mencari pemimpin terbaik sesuai hati nurani masyarakat.

“Dana untuk penyelenggaraan pilkaret diambil dari kas RT yang menghabiskan anggaran Rp 4 juta. Semua digunakan untuk keperluan pemungutan suara. Kami berharap, kegiatan tersebut bisa memberikan pendidikan politik dan demokrasi di tingkat RT,” ucap Jarnawi, Senin (9/1/2017).

Sebelum pemungutan suara, para calon diperbolehkan untuk melakukan kampanye dengan menyampaikan visi dan misi kepada warga. Mereka juga diperbolehkan untuk memasang spanduk dan baner berisi imbauan untuk memilih masing-masing calon.

Usai terpilih, Dwi Indra Permana diarak warga mengelilingi desa dengan membawa papan jabatan sebagai ketua RT baru. Dia terpilih sebagai ketua RT, karena meraih suara lebih unggul ketimbang dua kandidat lainnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Jalan Rusak ke Waduk Kedung Ombo Bakal Diperbaiki Kementerian  

Selengkapnya →