Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Harga Cabai Rawit Merah di Pati Relatif Stabil



Reporter:    /  @ 11:00:17  /  8 Januari 2017

    Print       Email
Seorang pedagang cabai tengah menunggu pembeli di kawasan Pasar Puri Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Seorang pedagang cabai tengah menunggu pembeli di kawasan Pasar Puri Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Harga cabai rawit merah di Pati relatif stabil dibandingkan di sejumlah daerah tetangga, seperti Kudus. Di Pasar Puri Pati, harga cabai rawit merah hanya berkisar di angka Rp 42 ribu per kg.

Padahal, cabai rawit merah di Kudus tembus Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu. Kenaikan harga cabai rawit merah di Pati pernah naik pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru. Namun, saat ini masih relatif stabil.

“Kenaikan harga cabai di Pati biasanya tidak banyak, ya seribu hingga lima ribu. Kadang juga turun. Tidak sampai mencapai ratusan ribu. Saya sendiri juga tidak memprediksi kapan harga cabai naik,” ungkap Amir, pemasok cabai di Pasar Puri.

Menurutnya, warga Pati memiliki kecenderungan enggan membeli cabai bila harganya meroket tinggi. Karenanya, para penjual khawatir bila harganya terlalu tinggi, dagangannya justru tidak laku.

“Kalau harganya tinggi dari penjual lainnya, dagangannya tidak laku. Di Pasar Puri, harga cabai rata-rata berkisar di angka Rp 40 ribuan. Kalau menjual di atas itu, pasti tidak laku,” kata Rusmini, salah seorang pedagang Pasar Puri.

Hal yang sama disampaikan Kustanti, seorang ibu rumah tangga yang membeli cabai di Pasar Puri. Dalam beberapa waktu terakhir, harga cabai rawit merah di Pati hanya berkisar Rp 40 ribuan, kendati di sejumlah pasar di kabupaten tetangga mencapai Rp 100 ribu.

“Tidak sampai segitu. Sekitar Rp 40 ribuan per kg. Kalau naik-turun memang wajar, tapi masih berkisar di angka itu. Tidak sampai naik dua kali lipat. Kami berharap harga cabai di Pati tetap stabil dan tidak ada kenaikan signifikan,” harapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Perbaikan Jalan Ratusan Meter di Purwosari Rampung 

Selengkapnya →