Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Puluhan Sekolah di Kudus Siap Gunakan UNBK Tahun Ini



Reporter:    /  @ 19:30:37  /  7 Januari 2017

    Print       Email
ILUSTRASI

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan sekolah di Kudus kembali menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Saat ini, ada puluhan sekolah dari tingkat SMP hingga SMA/SMK Sederajat akan menerapkannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus Joko Susilo, mengatakan berdasarkan data sementara dari Disdikpora Kudus, ada puluhan sekolah yang siap UNBK. Sejauh ini, paling banyak dari tingkat SMK. “SMK ada 26 unit. Semuanya siap menggunakan Komputer saat UN. Itu merupakan kemajuan bidang SMK di Kudus ini,” kata Joko kepada MuriaNewsCom

Menurutnya, untuk tingkat SMP juga ada yang menerapkan UNBK. Untuk SMP negeri dan swasta yang menggunakan UNBK ada lima sekolah. Di antaranya SMPN 1 Kudus, SMPN 2 Kudus, SMPN 1 Jati, SMPIT Assa’idiyyah dan SMP Muhammadiyah 1.

Sementara tingkat SMA jumlahnya ada lima. Di antaranya SMA NU Al Ma’ruf, dan SMAN 1 Kudus. Berikutnya untuk MA ada lima. Salah satunya MA Umar Said. SMK jumlahnya ada 26 sekolah. “Sementara ini yang masuk ke kami, sekolah yang sudah melakukan persiapan sejak awal dan melakukan simulasi. Namun besar kemungkinan sekolah lain juga siap melakukan sistem UNBK,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebenarnya di dalam juknisnya sudah disebutkan sekolah yang menggunakan UNBK bisa sekolah lain, yang berada di sekitarnya. Atau dengan jarak kurang 5 kilometer. Dia yakin bakalan ada lagi sekolah yang melakukan hal serupa.

Mengenai jadwal dan pelaksanaan UNBK, hingga kini pihak dinas juga belum mengetahui secara persis. Hal itu disebabkan, belum adanya pembahasan secara spesifik mengenai pedoman UN di 2017 ini. “Rencananya pekan depan baru ada pembahasan terkait hal itu. Jadi, baru bisa tahu segala sesuatu tentang UN, pekan depan,” ungkapnya.

Dia berharap pada UN tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Meskipun terbilang persiapan untuk UN tahun cukup mepet ketimbang tahun sebelumnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Warga menikmati suasana di titik jalan yang baru selesai dibangun di Purwosari, Kudus. (MuriaNewsCom /Faisol Hadi)

Perbaikan Jalan Ratusan Meter di Purwosari Rampung 

Selengkapnya →