Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Di Samsat Kudus, Cuma Biaya Pengesahan STNK yang Naik



Reporter:    /  @ 19:30:11  /  6 Januari 2017

    Print       Email
Warga mengurus perpanjangan STNK di kantor Samsat Kabupaten Kudus, Jumat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga mengurus perpanjangan STNK di kantor Samsat Kabupaten Kudus, Jumat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) 60 Tahun 2016 sebagai pengganti PP 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Polri, nampaknya belum semuanya mengetahui. Untuk itu Samsat segera melakukan sosialisasi terkait perubahan tarif.

Kapolres Kudus AKBP Andy Rifai melalui Kanit Regident Iptu Sucipto, mengatakan Samsat sudah melakukan sosialisasi. Itu dilakukan di antaranya adalah dengan pemberitahuan di Samsat saat warga sedang mengisi STNK di Samsat. “Sebagian sudah mengerti dan memahami aturan baru tersebut. Namun, ada pula yang masih belum paham sepenuhnya atas aturan tersebut,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Dicontohkan, untuk pengesahan perpanjangan STNK tahunan, pemilik kendaraan sepeda motor hanya dikenakan biaya Rp 25 ribu. Sedang untuk pengesahan STNK tahunan bagi mobil sebesar Rp 50 ribu. Sehingga pandangan masyarakat yang harus membayar mahal dan naik banyak itu tidak benar.

Hanya diakui, untuk penerbitan BPKB baru, mutasi dan TNKB lima tahunan, kenaikan administrasinya dapat dirasakan. Sebelumnya, munculnya kabar kenaikan pajak kendaraan sempat membuat antrean di kantor Samsat meningkat hingga 50 persen.

Seorang warga, Ahmad (50), yang mengurus perpanjangan STNK juga menganggap hal yang sama. Dia mengira  awalnya menyangka semua proses pengurusan akan naik. Namun, setelah mendapat penjelasan dari petugas, dia dapat memahaminya.  “Dengan demikian sudah jelas, dan harapannya pengurusan pajak motor bisa Lebih mudah dan memakan waktu yang singkat,” harapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Perbaikan Jalan Ratusan Meter di Purwosari Rampung 

Selengkapnya →