Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Tanah Longsor di Pucakwangi Sebabkan Akses Jalan Pati-Blora Lumpuh Sementara



Reporter:    /  @ 17:30:29  /  5 Januari 2017

    Print       Email
Babinsa dan Babinkamtibmas meninjau langsung lokasi longsor di jalan Desa Lumbungmas, Kecamatan Pucakwangi yang menghubungkan Pati dan Blora, Kamis (5/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Babinsa dan Babinkamtibmas meninjau langsung lokasi longsor di jalan Desa Lumbungmas, Kecamatan Pucakwangi yang menghubungkan Pati dan Blora, Kamis (5/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tanah longsor terjadi di jalan Desa Lumbungmas, Kecamatan Pucakwangi, Pati, Kamis (5/1/2017). Akibat tanah longsor tersebut, akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Pati dan Blora lumpuh untuk sementara.

Beruntung, sejumlah anggota TNI dan polisi setempat langsung meninjau lokasi longsor dan melakukan evakuasi bersama warga. Satu alat berat diturunkan untuk membersihkan longsoran tanah yang menutup jalan.

Babinsa Desa Pucakwangi Serda Muhammad Sajiyanto mengatakan, tanah longsor terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Longsoran tanah dari tebing setinggi lima meter tersebut berhasil dievakuasi, tak lama setelah terjadi longsor.

“Kami mendapatkan informasi adanya tanah longsor, kami langsung bersama polisi, Babinkamtibmas Polsek Pucakwangi untuk bersama-sama mengecek kondisi di lapangan. Tidak ada korban jiwa, juga tidak ada kerugian material akibat bencana longsor itu,” ujar Serda Muhammad.

Sebelum ditangani Dinas Pekerjaan Umum (DPU), mereka mengajak perangkat desa dan warga setempat untuk membersihkan material longsoran. Hal itu dilakukan agar material longsoran tidak menutup bahu jalan dengan alat seadanya.

“Sebelum DPU datang, kami bersama perangkat desa dan penduduk setempat membersihkan material longsoran untuk sementara. Sebab, jalan itu menjadi akses utama warga, selain menjadi jalur penghubung Pati dan Blora,” tuturnya.

Dia mengimbau kepada semua masyarakat, terutama warga yang tinggal di daerah rawan bencana longsor untuk lebih berhati-hati pada saat curah hujan tinggi. Bila ada kejadian bencana, baik longsor atau bencana lainnya, warga diminta untuk segera berkoordinasi dengan Koramil dan Polsek setempat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Warga menikmati suasana di titik jalan yang baru selesai dibangun di Purwosari, Kudus. (MuriaNewsCom /Faisol Hadi)

Perbaikan Jalan Ratusan Meter di Purwosari Rampung 

Selengkapnya →