Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Berwisata di Waduk Kedung Ombo Belum Lengkap Kalau Tidak Bawa Pulang Oleh-oleh Khas yang Satu Ini



Reporter:    /  @ 10:01:25  /  3 Desember 2016

    Print       Email
Beberapa ikan terlihat sedang dibakar dan siap untuk disajikan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Beberapa ikan terlihat sedang dibakar dan siap untuk disajikan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Hampir di semua lokasi wisata pasti punya oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang pengunjung. Termasuk juga di lokasi wisata Waduk Kedung Ombo (WKO).

Oleh-oleh khas yang ada di sini jenisnya kuliner, tepatnya ikan bakar.“Saya sudah beberapa kali berkunjung ke sini. Setiap pulang, pasti bawa ikan bakar buat oleh-oleh yang di rumah dan tetangga,” kata Rumiyanti, salah satu pengunjung yang mengaku berasal dari Blora itu.

Di sekitar lokasi wisata yang diresmikan Presiden Soeharto tahun 1991 itu memang terdapat banyak warung yang menyediakan menu ikan bakar. Jumlahnya mencapai belasan. 

Sebagian besar, ikan yang tersedia adalah jenis nila. Ada juga jenis ikan mas dan tombro. Terkadang, ada pula yang menyediakan ikan segar hasil tangkapan dari kawasan WKO. Tetapi, jumlahnya tidak begitu banyak dan tidak selalu ada setiap hari.

“Ikan bakar ini dijamin segar karena diambil langsung dari karamba yang ada di sekitar waduk. Di sekitar waduk, banyak warga yang membudidaya ikan di dalam karamba. Selain di dalam obyek wisata, di luar sana juga banyak warung yang menjual ikan bakar,” kata Mbak Sri, salah satu penjual ikan bakar.

Harga ikan bakar di situ boleh dibilang cukup terjangkau. Harga ikan yang sudah dibakar mulai Rp 7.500 sampai Rp 40.000 per ekor. Harga ini tergantung besar kecilnya ikan.

Bagi yang ingin menikmati ikan bakar di tempat, juga disediakan nasi ditambah sambal dan lalapan. Beberapa pengunjung bahkan ada yang hanya beli ikan plus sambal dan lalapan saja. Sementara bekal nasinya sudah bawa dari rumah. 

Biasanya, mereka ini menggelar tikar di pinggiran waduk dan menyantap makanan sambil melihat pemandangan. Di sekitar obyek wisata, banyak sekali tempat-tempat teduh yang biasa dipakai istirahat dan makan.

Lalu bagaima rasa ikan bakar WKO ini? Jangan salah, meski hanya dikasih bumbu sederhana, cita rasa ikan bakar disitu tidak kalah lezat dengan masakan restoran besar. Terlebih, jika makannya rame-rame, menu ikan bakarnya jadi terasa lebih lezat.

“Menu ikan bakar Kedung Ombo memang top. Saya tadi sudah habis dua ikan bakar ukuran besar,” kata Amali, warga Jepara yang mampir kesitu dalam perjalanan menuju Solo.

 Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →