Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

UN Dihapus, Disdikpora Kudus Tak Yakin



Reporter:    /  @ 23:00:00  /  1 Desember 2016

    Print       Email
ujian-akhir-mts-1024x634

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus melalui Disdikpora Kudus tak yakin kalau Ujian Nasional (UN) akan dihapuskan. Hal ini disampaikan kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo.

Dia merasa tak yakin kalau UN akan dihapuskan dan diganti dengan hal lainnya. Bagi dia, UN juga termasuk sebagai hal yang memotivasi siswa belajar.

“Sekolah-sekolah wajib mengadakan try out. Ini sudah memasuki akhir bulan, siswa tetap diberi latihan-latihan soal persiapan UN. Jika UN masih berlangsung maka waktu juga tidak akan lama,” katanya kepada MuriaNewsCom, Kamis (1/12/2016).

Dia mengaku  belum berani berbicara lebih lanjut terkait UN yang akan dihapuskan. Tetapi sudah instruksikan berjalan seperti biasa, terutama persiapan menghadapi UN. Dia tidak menginginkan jika  kemudian sekolah santai-santai, persoalannya juknis dan surat edaran belum ada, jadi dianggap UN berjalan seperti biasa tahun ini.

Ditambahkan, informasi yang didapat, UN dihapus diganti ujian sekolah (US). Materi soal ujian diserahkan sepenuhnya kepada sekolahan. Joko mengatakan, teknisnya seperti apa belum tahu dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah juga belum mengundang untuk membahas hal tersebut

Seperti diketahui, wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menghapus UN sekolah sudah gencar. Hal itu tentu membuat sekolah bimbang dan bingung tentang keberadaan UN nantinya “Sekolah baik itu guru dan siswa tidak perlu terlena. Karena, belum ada surat edaran resmi dari pusat dan persiapan diwajibkan tetap dilaksanakan. Jadi persiapkan hadapi UN,” ungkapnya.

Hanya, jika nanti edaran datang, maka Disdikpora juga akan mengedarkan ke sekolah se-Kudus. Dan jika siswa persiapan sejak sekarang dianggap tidak ada ruginya, lantaran itu untuk kebutuhan siswa masing-masing. “Belajar adalah hal yang wajib bagi siswa. Jadi persiapkan UN dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →