Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

1.500 Anak di Grobogan Sudah Memiliki KTP Anak



Reporter:    /  @ 13:00:21  /  1 Desember 2016

    Print       Email
Kepala Dispendukcapil Grobogan Moh Susilo (pakai peci) saat menyampaikan sosialisasi KIA pada guru TK kemarin. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Dispendukcapil Grobogan Moh Susilo (pakai peci) saat menyampaikan sosialisasi KIA pada guru TK kemarin. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ternyata tidak hanya diberikan bagi orang dewasa atau sudah menikah saja. Tetapi juga diberlakukan bagi anak-anak.

“Ini merupakan program baru dari pemerintah dan tidak dipungut biaya. Program ini sudah kita sosialisasikan pada berbagai pihak. Salah satunya dengan guru-guru TK,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Grobogan Moh Susilo.

Menurut Susilo, proses pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP anak di Grobogan sudah berjalan. Saat ini, pihaknya sudah menerbitkan sekitar 1.500 KIA yang tersebar di berbagai kecamatan.

Pada tahun anggaran 2016, Dispendukcapil menyediakan alokasi pembuatan KIA sebanyak 20.000 keping. Jika nanti tidak bisa terserap habis maka alokasinya bisa digunakan untuk tahun berikutnya.

Dikatakan, dari data yang ada, jumlah anak di Grobogan cukup banyak. Yakni, ada 379.463 orang. Terdiri, anak usia di bawah 5 tahun sebanyak 126.470 orang dan usia 5 sampai di bawah 17 tahun ada 252.993 orang.

Selain dengan guru TK, Susilo menyatakan, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan semua rumah sakit di Grobogan melalui paket 3 in 1. Yakni, setiap anak yang lahir langsung dapat KK, akta kelahiran dan KIA sebelum mereka pulang dari rumah sakit.

Menurut Susilo, untuk mengurus KIA itu persyaratannya sangat mudah. Yakni, dengan melampirkan akta kelahiran anak, Kartu Keluarga, dan KTP orang tua.“Persyaratan bagi anak usianya di atas 5 tahun sampai 17 tahun kurang sehari ditambah foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar. Untuk anak yang usianya di bawah 5 tahun tidak perlu pakai foto,” kata mantan Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan itu.

Susilo menambahkan, dengan memiliki KIA ada nilai tambah yang bisa didapat. Sebab, pemilik KIA otomatis terdaftar jadi anggota beberapa mitra usaha Dispendukcapil. Seperti, Perpusda Grobogan dan beberapa tempat hiburan anak.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →