Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Dari 400 Perusahaan yang Ada di Rembang, Baru 25 Persen yang Terapkan UMK



Reporter:    /  @ 12:00:52  /  1 Desember 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Rembang – Banyaknya perusahaan yang ada di Kabupaten Rembang ternyata belum seluruhnya merapkan sistem Upah Minumum Kabupaten (UMK). Bahkan, hal itu terbilang masing sangat minim.Dari sekitar 400 perusahaan, yang sudah menerapkan sistem UMK baru sekitar 25 persen saja.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Rembang Waluyo mengatakan, rata – rata perusahaan dengan skala menengah ke atas sudah menerapkan UMK. Akan tetapi  yang berskala menengah ke bawah belum menerapkan itu.

Dia melanjugkan, untuk tahun depan yakni 2017,  UMK Rembang ditetapkan Rp1.408.000 oleh Gubernur Jawa Tengah, setelah sebelumnya disepakati melalui rapat dengan melibatkan unsur pengusaha, buruh, akademisi, dan Pemkab Rembang.

Tingkat UMK  Kabupaten Rembang tersebut berada di posisi nomor tiga dari bawah dari 35 Kabupaten se-Jawa Tengah. Sedangkan posisi paling bawah yakni Kabupaten Banjarnegara dengan besaran UMK Rp1.370.000.

“Untuk tiga Kabupaten yang paling memiliki besaran UMK teratas di Jawa Tengah, ditempati oleh Kota Semarang sebesar Rp 2.125.000, Demak Rp 1.900.000, dan Kabupaten Kendal sebesar Rp1.774.867,” ucapnya.

Selain itu, pibaknya juga mengimbau kepada perusahaan, setelah UMK 2017 ditetapkan, maka agar semua pengusaha segera mengatur skala dan struktur pelaksanaan UMK, seusai dengan pendidikan, skill, dan jabatan pekerja.

Dia menambahkan,  pihaknya akan memberi sanksi sesuai aturan yang telah berlaku terhadap perusahaan yang nakal alias yang tidak memberi gaji setidaknya sesuai upah minimum kabupaten. “Sanksi itu  berupa pencabutan administrasi perusahaan. Untuk itu, kita akan terus melakukan pengawasan dan sosialisasi agar setiap perusahaan menjalankan ketentuan UMK,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →