Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Produk UMKM Kudus Direncanakan Dipamerkan ke Mancanegara



Reporter:    /  @ 17:34:13  /  30 November 2016

    Print       Email
Pelaku UMKM melakukan pameran produk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pelaku UMKM melakukan pameran produk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus memberikan fasilitas kepada pengusaha Kudus guna memamerkan produknya ke tingkat yang lebih tinggi. Tak hanya lingkup Naisonal, namun juga pameran dipamerkan dalam skala internasional.

Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus Sudiharti mengatakan, barang dagangan yang dipamerkan merupakan produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tujuannya adalah menebalkan dan mempromosikan agar pengusaha di Kudus juga makin laku dan diketahui oleh dunia luas.

“Kami juga bertujuan tak hanya mengangkat dan memperkenalkan produk Kudus dalam skala nasional, tetapi juga ke lingkup lebih luas hingga ke mancanegara,” ungkapnya Kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, beberapa lokasi di kota besar sudah dibidik dan bebebepa lainnya sudah dilakukan pameran. Seperti halnya di Semarang, Jakarta, Yogyakarta dan Kudus, yang berakhir dengan sukses dan meriah.

Sedangkan salam waktu dekat, pemkab kembali menggiatkan hal yang sama. Rencananya, ajang serupa di pusat perbelanjaan Thamrin City Mall Jakarta Pusat, awal Desember 2016. Rangkaian terakhir road show dagang untuk memperkenalkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) digelar di Depo Pelita Mall Purwokerto, 8-11 Desember nanti.

Menurutnya, pameran di Jakarta akan diikuti 18 peserta dan di Purwokerto disiapkan 24 peserta untuk menjaring pembeli potensial di kawasan sekitar. Produk yang ditawarkan antara lain bordir, batik, hasil konveksi, jenang, dan kopi Muria. Upaya memperkenalkan produk unggulan Kudus tersebut telah dimulai dengan menggandeng Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dari 20 kabupaten di Jawa Tengah.

“Kami juga akan menampilkan kembali pameran dagang di Jakarta, 1-4 Desember nanti. Yang kami pamerkan seperti bordir, diharapkan bisa menarik minat para buyer dari berbagai kalangan,” katanya.

Tiap peseta bakal mendapatkan transportasi, penginapan selama pameran berlangsung, berikut stan. Sedangkan untuk pemilik ditugasi menghias stan semenarik mungkin. Dijelaskan, kegiatan ini adalah mempromosikan produk Kudus ke luar. Dengan total anggaran Rp 7 miliar. Jumlah itu untuk semuanya, termasuk pula dengan publikasi.

Kata dia, Kudus memiliki sentra bordir di sejumlah tempat. Seperti di Desa Padurenan dan Karangmalang Kecamatan Gebog, Desa Purwosari di kawasan perkotaan, serta Desa Peganjaran Kecamatan Bae. Kualitas kerajinan bordir asal Kudus dikenal sangat bagus. Perdagangan bordir juga dinilai lebih menjanjikan.  Maka tak salah jika produk bordir yang ditawarkan dalam pameran dagang di pusat ibukota itu sebagian besar menyasar kalangan menengah ke atas.

Transaksi dagang  bukan menjadi sasaran utama, Tetapi yang lebih penting adalah pascakegiatan itu, yakni menjadikan produk UMKM Kudus bisa lebih dikenal. “Kami juga menggandeng artis Ivan Gunawan atau Igun. Dia juga siap mempromosikan hasil karya Kudus ke jenjang yang jaug lebih tinggi lagi Seperti Miss Universe di Filipina,” paparnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →