Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Begini Cara Pemuda Sukoharjo Pati Bikin Diorama Rumah Adat Pati



Reporter:    /  @ 19:00:25  /  30 November 2016

    Print       Email
 Lutfi, pemuda asal Sukoharjo, Margorejo, Pati menunjukkan miniatur rumah adat buatannya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Lutfi, pemuda asal Sukoharjo, Margorejo, Pati menunjukkan miniatur rumah adat buatannya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Limbah tak terpakai bisa disulap menjadi pundi-pundi rupiah, bila kita bisa memanfaatkannya dengan sedikit sentuhan kreativitas. Lutfi Setyo Prabowo (30), misalnya. Pemuda asal Desa Sukoharjo, Margorejo, Pati ini memanfaatkan limbah kayu menjadi produk kerajinan tangan yang menarik.

Kayu-kayu tak terpakai yang diperoleh pekarangan rumah dibuat menjadi aksesori, seperti gantungan kunci. Namun, saat ini Lutfi mencoba untuk fokus memproduksi rumah adat Pati yang selama ini mulai hilang ditelan kemajuan zaman.

“Rumah adat Pati saat ini mulai hilang dan susah ditemukan. Kondisi itu menginspirasi saya untuk membuat diorama atau benda miniatur tiga dimensi berupa rumah adat Pati. Responsnya luar biasa. Banyak yang pesan,” ujar Lutfi, Rabu (30/11/2016).

Sebelum membuat diorama, Lutfi berburu foto rumah adat di berbagai daerah di Pati. Setelah mendapatkan foto, dia mengumpulkan ranting kayu yang masih bagus, terutama kayu jati.

Kayu bekas itu dibentuk, diukir menyesuaikan rumah adat yang diperolehnya dari hunting foto. Semua potongan kayu disatukan menggunakan lem. Setelah itu, miniatur diplitur supaya lebih cantik, awet dan indah.

Hasil kerajinan tangan Lutfi dipajang di berbagai pameran di kota-kota besar, seperti Semarang, Magelang, Yogyakarta, dan daerah-daerah lainnya di Jawa Tengah. Satu miniatur dibanderol dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu, menyesuaikan ukuran dan tingkat kerumitan.

Baca juga : Warga Sukoharjo Manfaatkan Kayu Bekas jadi Miniatur Rumah Adat Pati

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →