Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Salut! Prajurit TNI AD di Pati Bikin Perpustakaan Keliling



Reporter:    /  @ 21:00:54  /  28 November 2016

    Print       Email
Sejumlah murid TK Kusuma Pucakwangi antusias dengan perpustakaan keliling dari Koramil Pucakwangi, Pati, Senin (28/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah murid TK Kusuma Pucakwangi antusias dengan perpustakaan keliling dari Koramil Pucakwangi, Pati, Senin (28/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Prajurit TNI Angkatan Darat (AD) selama ini memiliki tugas pokok untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman.

Namun, prajurit TNI saat ini juga bertugas untuk menyatu, menunggal dengan rakyat. Di Koramil Pucakwangi, upaya manunggal dengan masyarakat dilakukan dengan membuat perpustakaan keliling. Bintara pembina desa (Babinsa) keliling ke sekolah dasar (SD) atau taman kanak-kanak (TK), membawa sejumlah buku untuk dibaca para siswa.

“Perpustakaan keliling ini menjadi upaya kami untuk mencerdaskan dan membangun kemajuan bangsa melalui agenda gemar membaca, terutama anak-anak di tingkat TK dan SD. Sasaran perpustakaan keliling diprioritaskan di wilayah yang jauh dari perkotaan,” ujar Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, Senin (28/11/2016).

Babinsa Desa Triguno, Serda Sukiswanto saat keliling membawa buku di TK Kusuma Pucakwangi senang bisa ikut membantu mencerdaskan generasi emas bangsa melalui agenda perpustakaan keliling. “Hari ini, kami mendatangi TK Kusuma. Ada sekitar 40 siswa dengan dua kelas di sana. Responsnya luar biasa. Minat baca anak-anak cukup tinggi,” kata Serda Sukiswanto.

Kendaraan yang dipakai keliling menggunakan sepeda motor dinas. Kendati sederhana, perpustakaan keliling diharapkan bisa membantu minat baca anak-anak. “Ini juga bisa menjadi stimulus supaya anak-anak semakin giat membaca. Sebab, buku adalah jendela dunia sehingga anak-anak mesti dipacu sejak dini untuk suka baca,” imbuhnya.

Kepala TK Kusuma, Sunarti mengaku terkejut dengan aksi yang dilakukan prajurit TNI dengan membawa sejumlah buku untuk dibaca anak-anak. Kendati buku yang disodorkan masih terbatas, tetapi ternyata memicu semangat anak-anak untuk gemar membaca. Terlebih, buku-buku yang dibawa ternyata disukai anak-anak.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →