Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Blusukan di Desa Jrahi Pati, Saiful Arifin Takjub dengan Air Terjun Grenjengan Sewu



Reporter:    /  @ 10:15:34  /  28 November 2016

    Print       Email
Cawabup Pati Saiful Arifin blusukan di Desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati dan mengunjungi Air Terjun Grenjengan Sewu yang disebut sebagai mutiara terpendam di wilayah barat laut Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Cawabup Pati Saiful Arifin blusukan di Desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati dan mengunjungi Air Terjun Grenjengan Sewu yang disebut sebagai mutiara terpendam di wilayah barat laut Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Calon Wakil Bupati Pati Saiful Arifin memutuskan untuk blusukan ke Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati untuk melihat potensi yang ada di desa tersebut. Tahu ada air terjun yang tersembunyi, pemilik The Safin Hotel ini langsung jalan kaki sepanjang sekitar dua kilometer menuju Air Terjun Grenjengan Sewu.

Mutiara terpendam di Desa Jrahi tersebut menyimpan keelokan air terjun yang luar biasa indahnya. Hanya saja, akses menuju air terjun cukup sulit. Untuk menempuh air terjun, pengunjung harus berjalan dari perkampungan, melewati perbukitan, persawahan, hingga melewati parit berbatu dengan air yang sangat jernih sebanyak tiga hingga empat kali.

Arifin langsung mencopot sepatu, berjalan tanpa alas kaki melewati medan terjal menuju air terjun Grenjengan Sewu. Menurutnya, kawasan Air Terjun Grenjengan Sewu merupakan surga terpendam di Pati bagian utara-barat yang berada di lereng Pegunungan Muria.

“Sebelum tiba di lokasi, kita disuguhkan pemandangan sawah terasering yang hijau, gubuk petani, pepohonan yang sangat rindang, dan sungai-sungai kecil berbatu dengan air yang sangat jernih mengalir tenang. Begitu sampai di lokasi, kita disambut air terjun jernih setinggi sekitar tujuh meter. Luar biasa indahnya,” ujar Arifin.

Dia menilai, Air Terjun Grenjengan Sewu bisa menjadi ikon destinasi wisata di Desa Jrahi, bersama dengan sejumlah objek lainnya, seperti Viraha Saddhagiri, Embung Mini, dan Air Terjun Pancuran Songo. Bila dikelola dengan baik, keberadaan objek wisata disebut akan mendongkrak perekonomian penduduk setempat.

“Potensi yang dimiliki Desa Jrahi bisa membuat kawasan ini menjadi desa wisata. Kalau dikelola dengan baik, bisa menimbulkan multiplier effect yang luar biasa. Pengelolaannya harus diserahkan kepada pemerintah desa dengan menggandeng pemuda karang taruna agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Warto, perangkat desa setempat mengaku, Air Terjun Grenjengan Sewu dikunjungi lebih dari seratus pengunjung setiap hari. Pengunjung terbanyak biasanya pada hari Minggu dan hari libur yang bisa mencapai sekitar 300 pengunjung setiap hari.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →