Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

PDAM Kudus Siapkan Alat Canggih untuk Kurangi Kendala Pelayanan



Reporter:    /  @ 17:00:05  /  26 November 2016

    Print       Email

pdam

MuriaNewsCom, Kudus – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus sedang mengembangkan teknologi pengendalian jarak jauh untuk mengurangi kendala. Seperti halnya kini, sejumlah sumur sudah ada remot untuk mengatur kendali sumur

Direktur PDAM Ahmadi Syafa mengatakan,  PDAM memasang geopump– sebuat alat deteksi dan pengendali sistem operasi jarak jauh. Atau sejenis remot yang dapat mengontrol, baik menghidupkan atau mematikan dari jarak jauh

“inovasi geopump bisa jadi yang pertama di Indonesia. Alat tersebut cukup sederhana, dipasang di panel pompa luar pada sumur produksi,” katanya kepada MuriaNewsCom, Sabtu (26/12/2016).

Menurutnya, listrik yang padam dapat menganggu pelanggan. Karena gangguan yang ditimbulkannya adalah sumur jadi mati. Dengan adanya geopump maka  dengan cepat tertangani dan dihidupkan kembali.

Alat itu juga dapat mengirimkan informasi melalui telepon selular jika listrik mati, gangguan sumur produksi atau kebocoran pipa distribusi. Dengan begitu PDAM dapat segera melakukan penanganan.

Melalui alat itu pula, petugas dapat dengan mudah menyalakan dan mematikan pompa air dari jarak jauh hanya dengan mengirim pesan singkat dari handphone (HP).

Saat ini, dari 48 sumur, baru sebagian kecil sumur saja yang sudah terpasang di lima titik sumur produksi. Masing- masing sumur produksi di Desa Karangbener Kecamatan Bae, Kebon Alas dekat perempatan Sudimoro Gebog, Desa Kutuk Undaan.

Selain itu, lokasi lain juga ada pada sumur produksi di kawasan Museum Kretek dan Tanjung II Kecamatan Jati. Rencananya pada Desember nanti juga akan dipasang lima geopump.

“Harganya kisaran Rp 10 juta saja untuk tiap alat. Namun dapat bermanfaat dan mengurangi risiko kerusakan hingga ratusan juta,” ungakapnya.

Direncanakan, tahun depan akan ditambah lagi alat tersebut. Sehingga dapat lebih mudah dapat memberikan tindakan jika ada kerusakan seperti padamnya listrik .

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →