Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Selama Operasi Zebra di Rembang, Pelanggaran Didominasi Tak Pakai Helm



Reporter:    /  @ 14:42:55  /  26 November 2016

    Print       Email
 Petugas Satlantas Polres Rembang saat melaksanakan Operasi Zebra beberapa hari lalu. (Dok. Humas Polres Rembang)

Petugas Satlantas Polres Rembang saat melaksanakan Operasi Zebra beberapa hari lalu. (Dok. Humas Polres Rembang)

MuriaNewsCom, Rembang – Sejak pelaksanaan Operasi Zebra 2016 pada 16 November lalu hingga pada 24 November kemarin, tercatat ada 1.331 pelanggaran yang dilakukan pengendara dan pengemudi kendaraan bermotor di Kabupaten Rembang.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Rembang, terdapat lima jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara dan pengemudi kendaraan hingga sembilan hari pelaksanaan Operasi Zebra. Pelanggaran didominasi tidak menggunakan helm, yang jumlahnya mencapai 673. Selanjutnya , melawan arus lalu lintas sebanyak 116 pengendara.

Kemudian, tidak memasang sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih ada 118 pengendara. Penggunakan knalpot yang tidak sesuai ada 7 pengendara, serta pelanggaran terhadap rambu dan marka jalan ada 374 pengendara.

Petugas Satlantas juga memberikan teguran terhadap 250 pengendara yang kedapatan akan melanggar peraturan lalu lintas. “Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran batas muatan dan kelengkapan kendaraan bermotor. Pelanggaran tidak menggunakan helm paling banyak, dan pelanggaran melawan arus paling sedikit,” kata Kasat Lantas Polres Rembang AKP Rikha Zulkarnain.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra 2016, pihaknya mencatat sedikitnya terjadi enam kasus kecelakaan lalu lintas. Semua kasus tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa. “10 orang menjadi korban dan mengalami luka ringan. Kerugian material atas kecelakaan tersebut Rp 4,5 juta. Sejauh ini tidak ada kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia atau luka berat,” imbuhnya.

Pelaksanaan Operasi Zebra 2016, akan berlangsung 16- 29 November 2016. Ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama penindakan dalam operasi tersebut, yakni pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan, dan melawan arus lalu lintas.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →