Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

TENANG, Meski Kuota Murid di Bawah 20 Orang, Tunjangan Profesi Guru Tetap Cair



Reporter:    /  @ 21:38:09  /  25 November 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Rembang – Sebagian guru di Rembang khawatir terkait pencairan dana tunjangan profesi bagi pengawas dan guru-guru bersertifikat, karena terganjal peraturan. Khususnya mereka yang mengajar siswa dengan jumlah murid di bawah 20 orang.

Hal itu menyusul berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 17/2016 Tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Penyaluran Tunjangan Profesi dan Tamsil Guru PNS Daerah, mulai Tahun Pelajaran 2016/2017 ini. Peraturan tersebut terutama berkaitan dengan syarat ketentuan rasio jumlah siswa dan guru yaitu 1:20.

Namun demikian, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyatakan, jika pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan telah mendapatkan petunjuk, jika tunjangan tersebut tetap bisa cair, meskipun jumlah murid kurang dari 20 orang.

“Saya minta para guru bisa bersabar, karena kami sudah  berkoordinasi dengan Kemendikbud. Kemarin sudah ada kepastian, bahwa yang sudah dapat bisa dibayarkan, maka tidak lama lagi kami perintahkan Kepala Dinas untuk membayarkan sertifikasi guru ini,” kata Hafidz.

Sementara itu, Ketua PGRI Rembang Jumanto mengapresiasi perhatian dari bupati dan Dinas Pendidikan Rembang. “Bagi guru SD dan SMP akan cair untuk tri wulan ketiga dan tri wulan keempat. Sedangkan guru TK dan SMA/SMK sudah cair kemarin, sehingga saat ini proses pemberkasan untuk tri wulan keempat,” ujarnya.

Menurutnya, jika aturan tersebut diberlakukan dipastikan ribuan guru tidak  mendapatkan tunjangan sertifikasi. Khususnya guru SD dan sebagian guru yang mengajar di SMP. “Saya berharap di tahun 2017 aturan tentang petunjuk penyaluran tunjangan sertifikasi guru itu bisa berubah. Sebab banyak guru yang bertugas di sekolah wilayah pinggiran yang muridnya di bawah 20 siswa,” imbuhnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pendidikan  Rembang Noor Effendy mengatakan, bahwa adanya tunjangan profesi guru bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru yang muaranya terhadap pelayanan pendidikan yang lebih baik.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →