Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Guru di Pati Diminta Profesional dan Berkemajuan



Reporter:    /  @ 13:43:51  /  25 November 2016

    Print       Email
Sejumlah guru tampak khidmat mengikuti upacara Hari Guru Nasional di Alun-alun Pati, Jumat (25/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah guru tampak khidmat mengikuti upacara Hari Guru Nasional di Alun-alun Pati, Jumat (25/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Plt Bupati Pati Budiyono meminta guru di Pati untuk mengedepankan profesionalitas dengan prinsip berkemajuan. Hal itu disampaikan Budiyono dalam upacara memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71 di Alun-alun Pati, Jumat (25/11/2016).

Menurutnya, guru memiliki peran penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa. Tak sekadar mencerdaskan, guru dinilai punya tanggung jawab untuk membentuk karakter dan moralitas yang baik.

“Peran guru sangat mulia dan sentral. Betapa tidak, kualitas manusia-manusia Indonesia ditentukan dari pendidikannya. Guru yang sukses adalah guru yang berhasil mendidik muridnya dalam berbagai bidang, baik ilmu pengetahuan, karakter, dan moral yang baik,” ujar Budiyono.

Karena itu, profesionalitas dengan prinsip kemajuan mesti dimiliki seorang guru. Terlebih, pemerintah selama ini sudah meningkatkan kesejahteraan guru melalui tunjangan kinerja. Hal itu diharapkan agar guru punya semangat untuk mendidik muridnya agar menjadi generasi bangsa yang berkualitas.

“Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik supaya murid punya bekal yang baik untuk menatap masa depan. Di Pati, saya cukup memberikan apresiasi kepada guru. Pelajar di Pati sudah lama dikenal dengan kualitasnya yang baik. Bahkan, banyak pelajar di Pati yang menjuarai berbagai macam kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Sebaliknya, murid mesti menghormati guru yang selama ini telah berupaya tidak hanya melakukan transfer ilmu, tetapi juga transfer karakter dan moral. “Guru sangat menentukan masa depan kehidupan bangsa. Kita bisa hadir di sini, menjadi tentara, polisi, dokter, pengusaha, dan semuanya, tidak lepas dari peran guru. Maka, hormatilah guru,” tukas Kepala Dinas Pendidikan Pati, Sarpan.

Upacara Hari Guru Nasional di Alun-alun Pati juga diikuti oleh Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, Wakapolres Pati Kompol Nyamin, Kajari Pati Kusnin, Ketua Pengadilan Negeri Pati Sugiyanto, Ketua PGRI Pati Waridjan, dan pengurus PGRI Pati. Tak hanya itu, sedikitnya 400 guru dan murid SD, SMP, serta SMA se-Kabupaten Pati ikut dalam upacara tersebut.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →