Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jangan Ngaku Mahasiswa Akuntansi UMK Kalau Tak Paham Bisnis Perbankan



   /  @ 09:30:41  /  25 November 2016

    Print       Email
Gemi Suharyati dari Bank Jateng menjelaskan soal dunia perbankan di kalangan mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK). (ISTIMEWA)

Gemi Suharyati dari Bank Jateng menjelaskan soal dunia perbankan di kalangan mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK). (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK), diharapkan memahami proses bisnis di dunia perbankan. Terkait itulah, pihak Prodi menyelenggarakan perkuliahan tamu dengan menghadirkan praktisi perbankan, Kamis (24/11/2016).

Didaulat sebagai narasumber dalam perkuliahan tamu yang diikuti tak kurang dari 80 mahasiswa Prodi Akuntansi itu, Gemi Suharyati dari Bank Jateng. ‘’Perkuliahan tamu dengan menghadirkan praktisi perbankan dari Bank Jateng, ini agar mahasiswa memiliki kemampuan di bidang akuntansi, baik teori maupun praktik,’’ ujar Mochamad Edris,  Dekan Fakultas Ekonomi saat membuka acara di rilis persnya.

Dalam perkualiahan umum yang diselenggarakan di Ruang Seminar Lantai IV Gedung Rektorat itu, dia mengemukakan, kegiatan merupakan salah satu bentuk pengejawantahan dari kurikulum yang telah ditetapkan Prodi.

‘’Akuntansi harus bisa mengikuti perkembangan, termasuk perkembangan teknologi yang ada sekarang ini. Karena itulah, pemahaman akuntansi perbankan dalam dunia kerja dipandang penting, dan mahasiswa harus benar-benar memahaminya,’’ tegasnya.

Gemi memaparkan, bahwa seorang petugas di bidang akuntansi, paling tidak harus memahami dan menguasai peraturan, memahami proses bisnis Bank, dan mengetahu risiko yang melekat dalam bisnis ini.

‘’Maka dari itu, pahami Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait tugas yang melekat, dalam hal ini adalah sebagai petugas di bidang akuntansi,’’ terangnya di depan para peserta perkuliahan tamu yang hadir saat itu.

Lebih jauh, dia juga menyampaikan mengenai berbagai hal terkait, antara lain mengenai cadangan kerugian yang wajib dibentuk dihitung berdasarkan tarif, tentang penilaian kualitas aset bank, hingga bagaimana membuat laporan untuk keperluan publikasi.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →