Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

TNI dan Polisi Bersihkan Kompleks Makam Keramat Nyai Ageng Ngerang Pati



Reporter:    /  @ 17:00:10  /  23 November 2016

    Print       Email
Anggota TNI AD bersama polisi dan masyarakat kerja bakti membersihkan makam leluhur bangsawan Pati dan Mataram, Nyai Ageng Ngerang, Tambakromo, Pati, Rabu (23/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Anggota TNI AD bersama polisi dan masyarakat kerja bakti membersihkan makam leluhur bangsawan Pati dan Mataram, Nyai Ageng Ngerang, Tambakromo, Pati, Rabu (23/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ratusan prajurit TNI AD dari Koramil Tambakromo dan Kodim 0718/Pati bersama polisi dan masyarakat setempat membersihkan Kompleks Makam Nyai Ageng Ngerang, Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo, Pati, Rabu (23/11/2016).

Kegiatan tersebut menjadi bagian dari agenda “Minggu Militer” yang dicanangkan Kodim 0718/Pati. Mereka mencabuti rumput, membersihkan sampah, dan melakukan penataan agar kompleks makam yang disakralkan penduduk setempat tersebut bersih.

Makam yang diyakini menjadi leluhur bangsawan Pati dan Mataram (sekarang Kasultanan Surakarta dan Yogyakarta) tersebut memang selalu ramai diziarahi pengunjung. Karena itu, kegiatan Minggu Militer diharapkan membuat suasana kompleks makam menjadi bersih.

Di sektor ekonomi, keberadaan Makam Nyai Ageng Ngerang mendongkrak perekonomian penduduk setempat. Sebagian masyarakat memanfaatkannya dengan membuka warung di sekitar makam. Hal itu yang membuat agenda Minggu Militer diadakan di sana.

“Kerja bakti dilakukan diawali dengan apel. Setelah itu, kami mengadakan senam bersama. Kegiatan Minggu Militer dengan bersih-bersih kompleks makam Nyai Ageng Ngerang diharapkan bisa membantu masyarakat untuk membudayakan hidup sehat. Sebab, lingkungan yang bersih akan membuat hidup menjadi sehat. Terlebih, makam ini diziarahi banyak pengunjung dari berbagai daerah,” kata Komandan Koramil Tambakromo Kapten Inf Supomo.

Lebih dari itu, kerja bakti menjadi upaya anggota TNI AD untuk manunggal dengan rakyat. Tugas prajurit TNI AD saat ini tidak hanya berkutat pada wilayah pertahanan negara saja, tetapi juga banyak bidang. Tugas tersebut yang saat ini dibingkai dengan slogan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →