Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Universitas Muria Kudus Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Cambodia



   /  @ 16:30:04  /  22 November 2016

    Print       Email
Beberapa pimpinan dari PT di Indonesia foto bersama dengan perwakilan empat PT Cambodia usai acara. (ISTIMEWA)

Beberapa pimpinan dari PT di Indonesia foto bersama dengan perwakilan empat PT Cambodia usai acara. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) merupakan salah satu perguruan tinggi (PT) yang bekerja sama dengan pergurtuan tinggi di Cambodia.

Diketahui, puluhan PT, baik swasta maupun negeri di Indonesia, menjalin kerja sama dengan empat PT Cambodia. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Hotel Horison Malang, Senin sore (21/11/2016).

Empat PT Cambodia itu adalah Industrial Technical Institute (ITI), Regional Polytechnic Institute Techo Sen Takeo (RPITST), Regional Polytechnic Institute Techno Sen Battambang (RPITSB), dan Battambang Institute of Technology (BIT).

Sedang puluhan PT Indonesia yang menjalin kerja sama dengan empat PT Cambodia, selain UMK, ada STT Atlas Nusantara, STIKI Malang, Universitas Negeri Malang, STMIK Asia Malang, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Untag Surabaya, dan Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Selain itu, ada Universitas Darul Ulum Lamongan (Unisda), Polinema Malang, Universitas WR Supratman Surabaya, Universitas Tadulako Palu (Untad), Universitas Wiraraja Sumenep, Universitas Samawa, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

‘’Kerja sama dengan institusi luar negeri, ini untuk mendorong penguatan PT, antara lain dengan melakukan pertukaran dosen, staf akademik, dan mahasiswa di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),’’ ujar Dr. Eva Handriyantini S.Kom diamini Betty Dewi Puspasari S.Kom MT. dari Aptikom.

Langkah Aptikom menjembatani kerja sama dengan institusi luar negeri, ini mendapatkan apresiasi banyak pihak. ‘’Acara ini sangat baik, karena memfasilitasi kerja sama secara kolektif. Tuntutan ke depan, salah satunya yaitu menjalin kerja sama dengan berbagai PT, termasuk dengan PT luar negeri,’’ ujar Prof.  Dr. Ir. Nyoman Puspa Asri MS, Rektor Universitas WR Supratman.

Apresiasi senada disampaikan Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dari Universitas Muria Kudus (UMK), Drs. Muh Syafei M.Pd. ‘’Selain untuk penguatan institusi dan kerja sama, UMK sangat tertarik kerja sama dengan pihak luar negeri, dengan harapan ke depan bisa melakukan transfer kredit, student mobility dan menggelar kegiatan budaya bersama,’’ katanya.

Prof. Marsetyo M.Sc Agr. Ph.D, dari Universitas Tadulako, Palu, mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapat dari jalinan kerja sama yang terbangun dengan berbagai PT dari Cambodia, yang difasilitasi Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom) Wilayah VII Jawa Timur ini.

‘’Kerja sama ini adalah pintu masuk untuk melakukan banyak hal, jadi tidak berhenti pada penandatanganan kerja sama saja. Salah satu manfaat dari kerja sama ini, tentunya akan mendambah point dalam penilaian akreditasi,’’ tuturnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →