Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Calon Kades Diminta Tak Gontok-gontokan Usai Pemilihan



Reporter:    /  @ 19:00:11  /  21 November 2016

    Print       Email
Penandatanganan ikrar damai pelaksanaan pemilihan kepala desa yang disaksikan langsung oleh Bupati Rembang, Kapolres Rembang dan anggota TNI. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Penandatanganan ikrar damai pelaksanaan pemilihan kepala desa yang disaksikan langsung oleh Bupati Rembang, Kapolres Rembang dan anggota TNI. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang-Bupati Rembang Abdul Hafidz meminta kepada calon kepala desa dan tim sukses untuk tidak berdebat atau protes pascapemilihan kepala desa. Jika ada hal yang masih mengganjal, diharapkan disampaikan ketika tahapan masih berlangsung, sehingga tak memecah belah persatuan.

Dirinya berharap, ikrar damai yang telah diucapkan bersama bisa ditepati. “Jangan sekali-kali ingkar janji terhadap ikrar damai yang sudah diucapkan. Sebab permasalahan, biasanya akan muncul setelah pemilihan. Baik itu bentuk ketidakpuasan atau lainnya,” ujar bupati.

Bupati menyatakan, proses pemilihan kepala desa diharapkan berjalan damai dan tertib. Apalagi, calon dan tim sukses masih satu desa, dan bahkan masih satu RW ataupun RT. Sehingga, jika persoalan pilkades masih dibawa hingga usai pemilihan, dikhawatirkan akan memecah persatuan.

Dia melanjutkan, pilkades merupakan sebuah prosesi pergantinan pemimpin di tingkat desa. Sebab itu sudah diataur dalam UU Nomor 6 tahun 2014. Di salah satu poinnya yakni mengatur tentang masa jabatan kepala desa.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, perbedaan pandangan dan pendapat harus dijadikan perekat persatuan dan kesatuan. “Di kalangan kita itu, bila ada beda pendapat atau pandangam biasanya akan menjadi pemecah belah antarsesama. Pandangan seperti itu harus kita ubah dengan bijak. Supaya demokrasi itu bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Di saat terpisah, Panitia Pilkades Sambiyan, Kecamatan Kaliori, Sarkoni mengatakan untuk pelaksanaan pilkades damai, pihaknya sudah berkoordinasi dengan calon kepala desa. “Untuk mencegah adanya pelaksanaan pilkades yang negatif, kita kemarin sudah mengumpulkan calon kepala desa, tim sukses dan tokoh masyarakat. Supaya nantinya saat kampanye bisa tertib,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →