Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Seekor Kucing Ikut jadi ‘Saksi’ Persetujuan DPRD Atas Rencana Utang Pemkab Grobogan Sebesar Rp 200 Miliar



Reporter:    /  @ 16:33:14  /  21 November 2016

    Print       Email
Seekor kucing berada di dalam ruang Sidang Paripurna DPRD Grobogan, Senin (21/11/2016). Tampak kucing tersebut berada di depan meja pimpinan sidang. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Seekor kucing berada di dalam ruang Sidang Paripurna DPRD Grobogan, Senin (21/11/2016). Tampak kucing tersebut berada di depan meja pimpinan sidang. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan-Pemandangan cukup langka terlihat saat berlangsungnya sidang Paripurna DPRD Grobogan dengan agenda memberikan persetujuan atas pinjaman daerah. Di mana, di tengah jalannya sidang mendadak muncul seekor kucing berwarna kecoklatan di dalam ruang sidang tersebut.

Sidang dengan agenda persetujuan atas pinjaman daerah ini dilangsungkan setelah selesainya paripurna sebelumnya. Sidang paripurna pertama agendanya persetujuan penyertaan modal pada BUMD.

Tidak diketahui dari mana asalnya kucing itu bisa masuk lantaran pintu ruang sidang utama saat itu tertutup semua. Awalnya, kucing berukuran cukup besar ini muncul dari barisan tempat duduk sebelah barat. Kemudian, kucing ini dengan santainya berjalan ke tengah dan sempat duduk sebentar di pinggir tembok ruang sidang sebelah timur.

Tidak lama kemudian, kucing ini bangkit dan berjalan ke depan. Selanjutnya, kucing terlihat lagi di bawah meja pimpinan dewan dan duduk di atas lantai.

Saat kucing terdiam di depan, acara sidang adalah mendengarkan penjelasan Wakil Ketua DPRD Anang Prasetyo tentang permintaan persetujuan dari Bupati Grobogan atas rencana melakukan pinjaman sebesar Rp 200 miliar untuk perbaikan jalan pada tahun 2017 mendatang.

Dalam penjelasannya, Anang menyatakan, jika rencana hutang itu akan digunakan untuk perbaikan jalan sepanjang 66,3 Km. Dana pinjaman nanti akan dialokasikan untuk perbaikan jalan yang dibagi dalam dua wilayah. Yakni, wilayah Grobogan bagian Timur dan Barat yang masing-masing dialokasikan Rp 100 miliar.“Untuk pelaksanaan kegiatan nanti akan dibagi dalam beberapa paket pekerjaan. Nilai tiap pekerjaan di atas Rp 2,5 miliar,” kata Anang.

Pinjaman dana untuk perbaikan jalan ini nantinya didapat dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Perusahaan ini merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang pembiayaan infrastruktur.

Salah satu persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan pinjaman itu harus ada persetujuan dari wakil rakyat. Dalam sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Grobogan HM Nuwibowo itu, semua anggota sepakat menyetujui rencana pihak eksekutif untuk mengajukan pinjaman dana pada pihak ketiga.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengaku lega dengan adanya persetujuan dari anggota dewan atas rencana melakukan pinjaman. Menurutnya, pinjaman itu diperlukan mengingat dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki jalan sangat besar.

“Perbaikan jalan ini butuh dana besar karena masih banyak ruas jalan yang rusak. Pinjaman yang akan kita ajukan sebesar Rp 200 miliar ini sudah kita kaji dan hitung dengan cermat sehingga tidak akan membebani keuangan daerah,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →