Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Panwas Pilkada Jepara Imbau Paslon Bupati Taat Aturan Main



Reporter:    /  @ 19:30:59  /  21 November 2016

    Print       Email
Dua Pasangan Calon Bupati Jepara. (MuriaNewsCom)

Dua Pasangan Calon Bupati Jepara. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Pilkada Jepara, Muhammad Oliz mengimbau paslon bupati maupun tim pemenangan agar menaati aturan main kampanye. Sebab berdasar pengawasan jajaran panwas, ada sejumlah kegiatan yang izinnya pengajian namun digunakan untuk kampanye. Seperti yang terjadi di Bawu Mojo, Kecamatan Batealit.

Mestinya kegiatan itu murni pengajian rutin Yasin Sifa’, namun ternyata ada backdrop kegiatan bergambar paslon Madani. Bahkan sejumlah peserta pengajian yang diisi Cabup Ahmad Marzuqi juga memakai bergambar paslon Madani. “Masyarakat juga kita imbau jika mengundang paslon peserta pilkada sesuai status saat ini. Sebab saat ini paslon unsur petahana sudah resmi cuti namun ada yang mengundang mereka masih dalam kapasitas seakan-akan paslon petahana itu masih aktif menjabat. Itu seperti yang terjadi di Desa Bungu, Kecamatan Mayong,” paparnya.

Atas berbagai dugaan pelanggaran itu, Panwas Pilkada akan bersikap tegas. Baik itu pelanggaran administratif, pidana maupun kode etik penyelenggara pemilu. “Berbagai pelanggaran itu akan diproses sesuai relnya. Jika pidana pemilu misalnya akan diteruskan ke sentra gakkumdu hingga pengadilan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Panwas Pilkada Jepara menemukan aksi dugaan kampanye liar jelang pesta demokrasi yang dilakukan masing-masing paslon.  Bentuk dugaan pelanggaran beragam. Beberapa di antaranya seperti adanya mobil dinas lingkup Sekretariat DPRD Jepara saat kampanye pertemuan terbatas paslon Ahmad Marzuqi – Dian Kristiandi (Madani) di Posko Madani Kelurahan Pengkol, Kecamatan Kota Jepara.

Dugaan pelanggaran serupa juga dilakukan tim paslon Subroto – Nur Yahman (Sulaiman). Bentuknya tim pemenangan Sulaiman membawa alat peraga kampanye (APK) yang dibagikan KPU Jepara dengan menggunakan sepeda motor pelat merah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →